Perang Chechnya I

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Perang Chechnya I
Bagian dari Konflik Rusia-Chechnya
Pemberontak Chechnya mengamati Istana Presiden, di Grozny.
Pemberontak Chechnya mengamati Istana Presiden, di Grozny.
Tanggal 19941996
Lokasi Chechnya, Ingushetia, Stavropol Krai, dan Dagestan
Hasil Gencatan senjata dan mundurnya Rusia; kemerdekaan Chechnya secara de facto.
Casus belli Deklarasi kemerdekaan Chechnya
Pihak yang terlibat
Flag of Russia.svg
Rusia
Flag of Chechen Republic of Ichkeria.svg
Republik Chechnya Ichkeria
Komandan
Pavel Grachev Dzokar Dudayev
Shamil Basayev
Kekuatan
(1994)
20.000 Angkatan Darat Rusia
20.000 MVD
(1994)
3.000 tentara
10.000 milisi
Korban
Militer:
~5500
Sipil:
161 diluar Chechnya, 120 di Budyonnovsk, dan 41 di Kizlyar.
Militer:
~3.000
Sipil:
35.000-100.000 (termasuk etnis Rusia)

Perang Chechnya I (bahasa Rusia: первая чеченская война) adalah perang antara Rusia dengan Chechnya dari tahun 1994 sampai 1996. Hasil akhirnya adalah kemerdekaan secara de facto Chechnya.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Pecahnya Uni Soviet[sunting | sunting sumber]

Setelah jatuhnya Uni Soviet, Rusia menjadi negara berdiri sendiri pada Desember 1991. Walaupun Rusia dianggap sebagai penerus Uni Soviet, Rusia kehilangan kekuatan ekonomi dan militernya. Etnis Rusia adalah mayoritas, yaitu 70%, tetapi banyak perbedaan etnis dan agama yang mengancam kesatuan Rusia.

Pada era Soviet, sekitar 100 etnis diberikan daerah masing-masing yang memiliki beberapa hak-hak propinsi khusus. Dan setelah jatuhnya Uni Soviet, beberapa daerah ini menginginkan otonomi khusus, atau ingin berpisah dari Rusia.

Perjanjian Federasi Rusia[sunting | sunting sumber]

Presiden Boris Yeltsin memasukkan masalah ini ke dalam kampanye pemilihan presiden 1990, dengan janji bahwa masalah ini akan segera diselesaikan. Dibutuhkan suatu hukum yang jelas untuk mengatur hak-hak subyek federal tersebut. Peraturan hukum baru ini dicanangkan oleh Yeltsin dan Ruslan Khasbulatov pada 31 Maret 1992, yaitu Perjanjian Federasi yang disetujui oleh 86 dari 88 subyek federal. Mayoritas subyek federal yang menyetujui perjanjian ini merelakan otonomi luas atau kemerdekaan, dengan digantikan otonomi daerah dan hak-hak perpajakan khusus.

Dua subyek federal yang tidak menanda-tangani perjanjian ini adalah Chechnya dan Tatarstan. Tetapi kemudian pada tahun 1994, Presiden Yeltsin dan presiden Tatarstan, Mintimer Şäymiev menanda-tangani perjanjian khusus yang memberikan Tatarstan otonomi luas.

Pada akhirnya tinggal Chechnya yang belum meyetujui sebuah perjanjian. Presiden Yeltsin dan pemerintahan lokal Chechnya juga tidak menghasilkan negosiasi yang bermanfaat, dan situasi ini mulai berubah menjadi konflik bersenjata.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]