Perang Anglo-Spanyol (1585)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Perang Anglo-Spanyol
Bagian dari Perang Delapan Puluh Tahun
The Somerset House Conference 19 August 1604.jpg
Persidangan Rumah Somerset di antara para diplomat Inggris dan Spanyol
Tanggal 1585 – 1604
Lokasi Samudra Atlantik, Selat Inggris, Negara-negara Hilir, Spanyol, Spanyol Besar, Cornwall, Amerika
Hasil Perjanjian London, memihak kepada Spanyol[1][2]
Pihak yang terlibat
Bendera Spanyol Spanyol
Bendera Portugal Portugal (di bawah Habsburg Spanyol)
Bendera Inggris Inggris
 Republik Belanda
Komandan
Bendera SpanyolBendera Portugal Philip II/I
Bendera SpanyolBendera Portugal Philip III/II
Bendera Spanyol Marquis dari Santa Cruz
Bendera Spanyol Duke dari Medina Sidonia
Bendera Spanyol Duke dari Parma
Bendera Inggris Elizabeth I
Bendera Inggris Francis Drake
Bendera Inggris John Hawkins
Bendera Inggris Earl Leicester

Templat:Campaignbox Anglo-Spanish War Perang Anglo–Spanyol (1585–1604) adalah satu konflik pasang-surut antara negara Spanyol dan Inggris yang tidak pernah diistiharkan dengan resmi. Perang ini bermula dengan ekspedisi tentara Inggris pada tahun 1585 ke atas Belanda di bawah komando Earl Leicester bagi mendukung pertentangan Jenderal Negara ke atas pemerintahan Habsburg.

Inggris mendapat kemenangan di Cádiz pada tahun 1587, dan ke atas Armada Spanyol pada tahun 1588, tetapi kalah ketika serangan Armada Inggris ditangkis pada tahun 1589 di La Coruña dan Lisbon. Dua buah Armada Spanyol kemudian dihantar tetapi misi mereka gagal dicapai dikarenakan oleh cuaca buruk.

Dalam dekade seterusnya setelah kekalahan Armada, Spanyol menguatkan tentara lautnya dan kemudian berhasil dalam mempertahankan konvoi armada barang berharganya dari benua Amerika. Inggris mengalami kekalahan pada pertempuran selanjutnya. Perang ini diakhiri dengan Perjanjian London, yang dilangsungkan pada tahun 1604 di antara perwakilan Philip III dan raja Scotland baru dari Inggris, James I. Spanyol dan Inggris setuju untuk tidak melibatkan campur tangan tentara di Irlandia dan Belanda, Spanyol, dan Inggris menolak pelanunan di laut lepas. Kedua pihak mencapai beberapa tujuan mereka, akan tetapi hampir kesemua perbendaharaan telah digunakan dalam perang ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The first item of Jame's agenda was to bring to a close the long standing war with Spain. This was done by the Treaty of London in August 1604. Its terms were flagantry generous to the Spanish, the first black mark against the new king. Morover James, unlike Elizabeth, had every intention of honoring them." Burgess, Douglas: The Pirates' Pact: The Secret Alliances Between History's Most Notorious Buccaneers and Colonial America. McGraw-Hill Professional, 2008, page 29. ISBN 0-07-147476-5
  2. ^ Channing, Edward: A history of the United States. Octagon Books, 1977, v. 1, page 158. ISBN 0-374-91414-1

Pranala luar[sunting | sunting sumber]