Penjerangan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kopi Turki mulai mendidih. Penjerangan dibandingkan dengan menyeduh kopi melalui perkolasi .

Penjerangan[1] atau dekoksi adalah metode ekstraksi dengan merebus bahan herbal atau tanaman (yang mungkin termasuk batang, akar, kulit kayu dan rimpang ) untuk melarutkan bahan kimia dari bahan tersebut. Ini adalah metode persiapan yang paling umum dalam berbagai sistem pengobatan herbal. Penjerangan melibatkan pengeringan bahan tanaman terlebih dahulu; kemudian menumbuk, mengiris, atau memotong bahan untuk memungkinkan pembubaran maksimum; dan akhirnya direbus dalam air untuk mengekstraksi minyak, senyawa organik yang mudah menguap, dan berbagai zat kimia lainnya.[2] Kadang-kadang, etanol encer atau gliserol dapat digunakan sebagai pengganti air. [3] Penjerangan dapat digunakan untuk membuat tisanes, tincture dan hidangan serupa. Penjerangan dan penyeduhan dapat menghasilkan cairan dengan sifat kimia yang berbeda, karena perbedaan suhu atau persiapan dapat menghasilkan lebih banyak bahan kimia yang larut dalam minyak dalam ramuan dibandingkan penyeduhan. Proses ini juga dapat diterapkan pada daging dan sayuran untuk menyiapkan kaldu atau kuah, [4] meskipun istilah tersebut biasanya hanya digunakan untuk mendeskripsikan ekstrak tanaman yang direbus, biasanya untuk tujuan pengobatan atau ilmiah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Arti kata jerang - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online". kbbi.web.id. Diakses tanggal 2023-04-29. 
  2. ^ Biology-online.org
  3. ^ "Annex 1: WHO guidelines on good herbal processing practices for herbal medicines". WHO Technical Report Series (dalam bahasa English). Geneva, Switzerland: World Health Organization. 2018. ISSN 0512-3054. Diakses tanggal 24 April 2022. 
  4. ^ Courtine, Robert J.; et al., ed. (1988) [French edition published 1984]. Larousse Gastronomique (edisi ke-English). hlm. 362. ISBN 0-600-32390-0.