Pemasak serbaguna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Penggoreng udara)

Pemasak serbaguna atau pemasak tatung (bahasa Inggris: multi-cooker) adalah alat dapur listrik untuk memasak otomatis menggunakan pengatur waktu. Pemasak serbaguna umumnya mampu memasak bahan makanan dengan teknik rebus, unyai, (memanggang, goreng, goreng rendam, oseng, bakar, setup, penguahan, dan mencokelatkan makanan.

Pemasak serbaguna dari merek RECKE

Pemasak serbaguna dioperasikan dengan cara memasukkan bahan ke dalamnnya, memilih program yang sesuai, dan membiarkan pemasak serbaguna memasak sesuai dengan program, biasanya tanpa memerlukan campur tangan pengguna lebih lanjut. Beberapa pemasak serbaguna memiliki termostat yang dapat disesuaikan.

Selain program memasak, pemasak serbaguna terkadang memiliki fungsi untuk menghangatkan makanan, memanasnya kembali, atau memasaknya di lain waktu. Beberapa pemasak serbaguna juga dapat berfungsi sebagai pemasak lamban.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1920-an di Britania Raya, "pemasak serbaguna" dasar muncul dan dipasarkan kepada konsumen sebagai alat yang akan menghemat konsumsi gas, untuk menghemat uang pada tagihan gas.

Penanak nasi listrik sederhana dikembangkan di Jepang pada 1950-an. Seiring waktu, lebih banyak fungsi ditambahkan untuk memasak biji-bijian dan sup jenis lain, dan peralatan tersebut dikenal sebagai pemasak serbaguna.

Pemasak modern mencakup pengontrol waktu, suhu, dan tekanan elektronik dan dipasarkan sebagai "peralatan memasak serbaguna otomatis". Yang paling modern termasuk kemampuan Bluetooth dan WiFi dan prosedur memasak dalam skrip resep, terutama dengan memilih suhu, waktu, dan tekanan dalam beberapa langkah, untuk dieksekusi dan dibagikan.

Pada saat yang sama, pasar Eropa telah memproduksi peralatan dapur dengan fungsi individual, seperti ceret listrik,presto, pembuat roti, pemanggang roti,pengukus, oven mikrogelombang, dan pembuat yogurt. Pemasak serbaguna menggabungkan fungsi dari beberapa perangkat ini.

Pemasak serbaguna dapat membuat ratusan hidangan yang menjadi ciri khas masakan apa pun, kecuali yang membutuhkan jenis memasak tertentu yang tidak didukung oleh peralatan, sepert barbekyu.

Bagian[sunting | sunting sumber]

Pemasak serbaguna terdiri dari bagian-bagian berikut:

  • Badan perangkat – biasanya plastik, baja tahan karat atau kombinasi keduanya. Bodinya dipasang atau dilekatkan pada bagian lain dari mesin. Dengan adanya celah udara antara mangkuk dan mangkuk bagian dalam, ini berfungsi sebagai isolator termal.
  • Wadah mangkuk dalam – pada sebagian besar desain modern, mangkuk dapat dilepas dan memiliki lapisan anti lengket ( teflon , keramik, dll.). Lapisan anti lengket penting agar pemasak serbaguna dapat beroperasi dengan baik. Lapisan anti lengket menjaga makanan agar tidak gosong dan menempel di dasar dan dinding mangkuk sehingga mencegah gangguan panas selama memasak dengan suhu tinggi atau menyebabkan pemanasan tidak merata. Berbeda dengan peralatan masak konvensional atau pemasak lambat yang harus diaduk sesekali.
  • Tutup – ini menyegel pemasak serbaguna ehingga isinya tidak terciprat atau makanan mengering. Beberapa pemasak serbaguna memiliki penutup kaca.
  • Elemen pemanas – dipasang di wadahnya, untuk memasak makanan. Suhu bisa mencapai 40-180 °C memungkinkan metode memasak apa pun mulai dari menjaga makanan tetap hangat hingga memanggang atau menggoreng. Elemen pemanas biasanya terletak di bagian bawah perangkat. Beberapa pemasak serbaguna yang lebih canggih memiliki elemen pemanas yang lebih kecil di bagian samping dan penutupnya.
  • Sensor suhu – biasanya terletak di tengah bagian bawah wadah, menyentuh panci untuk memastikan pembacaan yang akurat. Panel kontrol memberikan informasi tentang suhu isi mangkuk. Beberapa pemasak serbaguna juga memiliki sensor suhu di bagian samping dan atas untuk memungkinkan kontrol yang baik terhadap elemen pemanas di tutup dan samping.
  • Sensor tekanan – ini dapat dipasang jika pemasak serbaguna mendukung memasak bertekanan.
  • Panel kontrol – bagian dari badan perangkat luar, terdiri dari mikroprosesor dengan program yang ditampilkan yang menunjukkan proses, suhu dan program. Ini juga mencakup beberapa tombol untuk mengontrol proses.
  • Pengumpul kondensat – biasanya berupa wadah kecil atau area di sekitar mangkuk pemasak serbaguna untuk menampung kondensasi yang muncul di tutupnya.

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]