Pengawabekuan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pengawabekuan (disebut juga sebagai penghilangan beku atau penghilangan bunga es; Inggris: defrosting) adalah proses pencairan suatu benda atau menyebabkan suhu perangkat di atas titik beku untuk menghilangkan es.

Prosedur pengawabekuan umumnya dilakukan secara berkala pada lemari pendingin dan pembeku untuk menjaga efisiensi pengoperasiannya. Seiring berjalannya waktu, ketika pintu pada kulkas dan pembeku dibuka dan ditutup, itu akan memungkinkan udara baru atau uap air dari udara mengembun pada elemen pendingin di dalam kabinet.

Lemari es[sunting | sunting sumber]

Pengawabekuan pembeku

Es yang dihasilkan menghambat perpindahan panas dari kabinet, sehingga meningkatkan biaya operasional. Selain itu, ketika es menumpuk, diperlukan ruang yang semakin besar dari dalam kabinet-mengurangkan ruang yang tersedia untuk penyimpanan makanan.

Banyak unit yang lebih baru menggunakan pengawabekuan otomatis (sering disebut sebagai "bebas es" atau "tanpa es") dan tidak memerlukan pengawabekuan manual dalam penggunaan normal. Meskipun dalam beberapa kasus, pengguna kulkas atau pembeku jalad mencatat es menghalangi ventilasi yang memungkinkan udara masuk ke dalam kompartemen kulkas.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]