Pengadilan rahasia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Pengadilan rahasia adalah pengadilan yang tertutup untuk umum maupun dilaporkan di media massa. Umumnya, pengadilan rahasia tak memiliki catatan resmi kasus maupun putusan hakim. Sering juga tidak terdapat dakwaan; terdakwa tidak bisa mendapatkan pengacara atau berhadapan dengan saksi yang memberikan tuntutan, dan acara pengadilan dicirikan dengan kegagalan keadilan yang menguntungkan kekuatan yang berkuasa dalam suatu masyarakat.

Di Britania Raya, salah satu pengadilan rahasia yang tak populer adalah Star Chamber sebagaimana yang digunakan pada masa Raja Charles I. Penyalahgunaan Star Chamber adalah salah satu titik pusat penentangan yang berada di sekeliling Oliver Cromwell, dan akhirnya mengakibatkan eksekusi raja terguling.

Pengadilan rahasia menjadi ciri hampir setiap kediktatoran zaman modern. Meskipun Pembersihan Besar-Besaran di Uni Soviet semasa Josef Stalin adalah contoh yang paling diingat untuk Pengadilan Moskwa, pengadilan terbuka di mana meja hijau menjadi parodi keadilan, sebagian besar korban teror itu diadili secara rahasia. Mikhail Tukhachevsky dan kawan-kawan diadili secara rahasia oleh pengadilan militer, dan hukuman mati atas mereka baru diumumkan setelah dilaksanakan. Hakim ketua untuk Pengadilan Moskwa, Vasili Vasiliyevich Ulrikh, juga banyak memimpin pengadilan rahasia yang hanya berlangsung beberapa menit, ketika ia berkata-kata memulai tuntutan dan dakwaan yang belum dirumuskan, sementara terdakwa masih susah payah bernapas karena dipaksa melangkah seperti katak menaiki tangga hingga ke ruang pengadilan.