Pemerintahan dunia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Pemerintahan Dunia adalah janji himpunan/sebuah kesatuan yang masih merupakan ide terdiri dari sebuah atau seri tingkatan pemerintahan dengan otoritas mencakup planet Bumi. Tidak pernah ada satu Pemerintahan Dunia yang pernah terjadi sebelumnya, meskipun kerajaan besar dan superpower telah mendapatkan tingkatan kekuasaan yang mirip. Contoh sejarah telah dihambat oleh kenyataan bahwa komunikasi dan perjalanan yang tak memungkinkan membuat organisasi dunia ini tidak terjadi. Artikel ini membahas proposal yang telah dibuat untuk sebuah pemerintahan dunia, dan gerakan mana yang mengadvokasi ide tersebut.

Beberapa internasionalis mencari pembentukan pemerintahan dunia sebagai cara mendapatkan kebebasan dan sebuah peraturan hukum di seluruh dunia. Beberapa orang khawatir bahwa pemerintah dunia harus dapat menghormati keragaman negara atau manusia yang tercakup di dalamnya. Dan di sisi lain memandang ide ini sebagai sebuah kemungkinan mimpi buruk, dalam dunia yang kacau pemerintah berusaha menciptakan negara totalitarian yang tak berakhir tanpa ada kemungkinan untuk kabur atau revolusi. Istilah alternatif Politik mendunia satu budaya (global political monoculture) yang menekankan rasa takut yang telah digambarkan di atas oleh beberapa orang melalui perusahaan transnasional atau institusi finansial internasional, seperti IMF, WTO dan Bank Dunia. Dan satu lagi istilah yang mirip, demokrasi kosmopolitan mendunia yang menggambarkan pemerintahan dunia berdasarkan hormat kepada HAM, demokrasi dan peraturan hukum.

Internasionalis memberikan argumen bahwa kekurangan sekarang ini dalam ketertiban internasional dapat diatasi tidak hanya dengan menentang globalisasi, yang mereka lihat sebagai peristiwa yang tak terelakan dan mungkin proses penyambutan, tetapi penyeimbangan sisi buruknya membawa pemusatan atau keinginan ekonomi seluruhnya (seperti pelanggaran HAM - termasuk hak buruh - dan sosiobudaya dan integritas lingkungan) dengan wakil institusi global dengan otoritas supranasional.

Ide pemerintahan dunia sering digunakan dalam sains fiksi, baik sebagai tema utama maupun sebagai bagian dari pandangan masa depan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]