Pemecah gelombang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pemecah gelombang untuk menciptakan pelabuhan yang aman di Balboa Peninsula Newport Beach, California, April, 1998.

Pemecah gelombang atau dikenal juga sebagai pemecah ombak atau dalam bahasa Inggris breakwater adalah prasarana yang dibangun untuk memecahkan ombak atau gelombang, dengan menyerap sebagian energi gelombang. Pemecah gelombang digunakan untuk mengendalikan abrasi yang menggerus garis pantai dan untuk menenangkan gelombang di pelabuhan sehingga kapal dapat merapat di pelabuhan dengan lebih mudah dan cepat.

Pemecah gelombang harus didesain sedemikian sehingga arus laut tidak menyebabkan pendangkalan karena pasir yang ikut dalam arus, mengendap di kolam pelabuhan. Bila hal ini terjadi maka pelabuhan perlu dikeruk secara reguler.

Fungsi[sunting | sunting sumber]

Barra da Tijuca di Rio de Janeiro.

Pemecah gelombang mengurangi dampak akibat gelombang di daerah pesisir sehingga dapat digunakan sebagai tempat berlabuh yang aman. Struktur ini juga dapat berupa struktur kecil yang dirancang untuk melindungi pantai yang landai sehingga dapat mengurangi laju abrasi. Pada perairan dangkal, pemecah gelombang biasanya diletakkan sejauh 30–90 meter lepas pantai.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Pemecah gelombang di Trzęsacz, Polandia.

Pemecah gelombang dapat berupa dinding vertikal, gundukan material, atau gabungan struktur keduanya. Struktur pemecah gelombang dirancang untuk dapat menyerap energi gelombang yang menghantamnya.

Batu pecah[sunting | sunting sumber]

Pemecah gelombang jenis batu pecah, atau rubble mound, menggunakan rongga pada strukturnya untuk menahan energi dari gelombang. Struktur ini terbuat dari tumpukan bebatuan yang disusun berdasarkan ukurannya. Batu berukuran kecil diletakkan pada bagian tengah struktur, sementara batu yang ukurannya lebih besar diletakkan di lapisan luar sebagai perlindungan dari hantaman gelombang. Batu dan beton yang berada di lapisan luar menyerap sebagian besar energi, sementara kerikil dan pasir di lapisan yang lebih dalam digunakan untuk mencegah energi hantaman gelombang mencapai inti struktur. Semakin dalam perairan, semakin mahal biaya yang dibutuhkan untuk membuat struktur penahan gelombang.[1]

Kaison[sunting | sunting sumber]

Pemecah gelombang jenis kaison umumnya memiliki sisi vertikal dan dibangun supaya kapal atau perahu dapat bertambat di sisi dalam struktur. Struktur ini memanfaatkan massa kaison dan isinya untuk menahan gaya dari hantaman gelombang. Pemecah gelombang jenis ini relatif mahal untuk perairan dangkal, tetapi dapat lebih murah untuk perairan dalam apabila dibandingkan dengan jenis lainnya.

Struktur batu pecah biasanya juga dibangun di depan struktur vertikal untuk menyerap energi dari gelombang, mencegah pemantulan gelombang, dan menurunkan tekanan horizontal pada struktur akibat hantaman gelombang.[2]

Kaison penyerap gelombang[sunting | sunting sumber]

Serupa dengan kaison, tetapi juga dilengkapi dengan berbagai jenis dinding berlubang pada bagian depannya. Pemecah gelombang jenis ini biasa digunakan di industri minyak bumi lepas pantai dan proyek di daerah pesisir yang hanya mengizinkan struktur rendah.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ CIRIA, CUR, CETMEF (2007). "Rock Manual - The use of rock in hydraulic engineering". Ciria-CUR. 
  2. ^ Vis, C. L. (1995). "Design Caisson breakwater: An evaluation of the formula of Goda" (dalam bahasa Inggris). 
  3. ^ WIlliams, A. Neil; Mansour, Alaa-Eldin M.; Lee, Hong Sik (2000). "Simplified analytical solutions for wave interaction with absorbing-type caisson breakwaters". Ocean Engineering (dalam bahasa Inggris). 27 (11): 1231–1248. doi:10.1016/S0029-8018(99)00045-1. ISSN 0029-8018. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]