Pembunuhan April Jones

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pembunuhan April Jones
Tanggal 01 Oktober 2012 (2012-10-01)
Lokasi Machynlleth, Powys, Wales
Pemakaman Tubuh menghilang

April Jones, seorang anak perempuan berumur lima tahun dari Machynlleth, Powys, Wales, menghilang pada tanggal 1 Oktober 2012. Polisi sudah menahan seorang pria yang diduga terkait aksi penculikan ini. Pria tersebut adalah Mark Bridger (46), seorang kolektor senjata.

April Jones dan keluarganya mengenal Mark Bridger, tapi tidak berkerabat. Bridger sering mengunjungi mantan istrinya, yang rumahnya berdekatan dengan kediaman keluarga April Jones. Bridger sendiri sudah dijatuhi tuduhan menculik dan membunuh April, serta menyembunyikan korban untuk menyesatkan jalannya pengusutan.

Seorang saksi mata mengaku melihat April yang saat itu sedang bersepeda, mendekati mobil Land Rover warna biru milik Bridger. Sejak itu, keberadaan April tak diketahui. Meski sudah memiliki seorang tersangka, namun polisi masih tetap belum bisa menemukan di mana April berada. Saat ini, polisi sudah menyebar foto April dan foto mobil Land Rover biru milik Bridger.

Hilangnya April memicu pencarian besar-besaran oleh petugas kepolisian, pemadam kebersihan, dan unit-unit pertolongan darurat. Hilangnya April Jones telah mendorong masyarakat di distrik kecil Machynlleth beramai-ramai menyisir seantero kota tempat tinggal mereka.

Pencarian dilakukan siang malam di taman-taman, sungai, hutan, dan area-area terbuka di sekitar mereka. Pengumuman hilangnya April Jones juga disebarkan lewat pamflet, surat kabar, videotron di berbagai kota besar di Inggris.

Setelah hampir dua pekan melakukan pencarian, tim pencari di Wales sudah sangat kelelahan. Rekan-rekan mereka dari Inggris Raya datang ke Wales untuk menggantikan tim pencari sebelumnya.

Para petugas kepolisian dari seluruh Inggris Raya dikerahkan untuk membantu pencarian April Jones.

Ada 18 tim khusus yang terus melakukan pencarian di wilayah seluas 60 km persegi. Inspektur Ian John, Kepala Tim Pencari dari Kepolisian Powys Dyfed, mengaku masih ada harapan untuk menemukan April.

Sebelum datangnya bantuan dari rekan-rekan di jajaran Kepolisian Inggris Raya, John sempat merasa pesimis dan mengaku kalau Kepolisian Wales bersiap untuk menerima hasil terburuk: April tak akan ditemukan.

Kasus penculikan ini memang telah menimbulkan keresahan di tengah-tengah publik Wales dan Inggris Raya.

Kasus ini sangat menyita perhatian di Inggris Raya. Ratusan orang dari berbagai kalangan ikut terlibat dalam proses pencarian April. Anggota masyarakat juga turun ke jalan sebagai bentuk dukungan atas kasus ini. Media-media massa di Inggris Raya berulang kali memasang foto April, sebagai upaya menyebarluaskan berita ini. Semua kalangan berharap, ada informasi yang bisa membantu ditemukannya April.