Pembagian administratif Taiwan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pembagian administratif Republik Cina)
Langsung ke: navigasi, cari
Peta administrasi Republik Tiongkok secara konstitusional

Republik Tiongkok di Taiwan sekarang ini masih mengklaim seluruh daratan Cina sebagai wilayah negara mereka. Namun secara de-facto, wilayah di bawah administrasi Republik Tiongkok hanya pulau Taiwan, Pescadores, Quemoy dan Matsu.

Administrasi tingkat satu dan dua[sunting | sunting sumber]

Pembagian administrasi pemerintahan di wilayah de-facto ini pada dasarnya adalah:

Dinamakan provinsi maya karena sejak tahun 1997, pemerintahan provinsi Taiwan dan Fujian secara resmi ditiadakan. Saat ini, administrasi pemerintahan tingkat provinsi hanya memuat satu badan eksekutif yang tidak memiliki kekuatan hukum apa-apa. Badan ekskutif ini dinamakan Ketua Provinsi (省主席) yang ditunjuk oleh perdana menteri untuk masa jabatan tidak tentu.

Mulai tanggal 25 Desember 2010, munisipalitas tingkat satu meningkat menjadi 5 kota setelah penggabungan kota dan kabupaten Taichung, Tainan dan peningkatan status Kabupaten Taipei.

Peta administrasi Republik Tiongkok secara de-facto

14 kabupaten pertama berada di bawah administrasi Provinsi Taiwan, 2 kabupaten terakhir di bawah administrasi Provinsi Fujian.

Administrasi di tingkat bawah[sunting | sunting sumber]

Penamaan daerah administrasi di bawah tingkat 2 pada dasarnya lebih kurang sama dengan penamaan daerah administrasi di Republik Rakyat Tiongkok.

Munisipaliti khusus seperti Kota Taipei dan Kaohsiung dibagi-bagi lagi menjadi distrik (區). Walau distrik di sini seharusnya berada di tingkat 2, namun tidak ada dewan perwakilan di distrik seperti ini. Sedangkan kotamadya tingkat 2 sama halnya dengan munisipaliti khusus juga dibagi menjadi distrik (區).

Kabupaten dibagi-bagi menjadi 3 macam bentuk administrasi, yaitu kota kabupaten (縣轄市), kota kecamatan (鎮) dan kecamatan (鄉).

Di bawah semua ini, bentuk administrasi terkecil adalah kelurahan (里) atau desa (村). Biasanya kelurahan adalah nama administrasi di bawah distrik, kota kabupaten maupun kota kecamatan, sedangkan desa digunakan untuk menyebut nama administrasi di bawah kecamatan.

Tiga Kota dan Lima Belas Kabupaten[sunting | sunting sumber]

Tiga Kota dan Lima Belas Kabupaten adalah sebuah pemikiran yang dikemukakan oleh Presiden Ma Ying-jeou untuk mereformasi pembagian daerah administrasi Republik Tiongkok tahun 2008.