Selat Taiwan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Selat Taiwan

Selat Taiwan (Hanzi: 台灣海峽) juga disebut Selat Formosa adalah selat selebar 180 km yang membentang di antara daratan Tiongkok dengan pulau Taiwan. Jarak tersempit selat ini sejauh 113 km.

Selat ini menghubungkan Laut China Timur di utara dan Laut China Selatan di sebelah selatan. Di selat ini pula terletak beberapa gugusan kepulauan seperti Kepulauan Pescadores, Kepulauan Quemoy dan Kepulauan Matsu.

Catatan dalam sejarah[sunting | sunting sumber]

Selat Taiwan pertama kali tercatat dalam sejarah di Catatan Sejarah Tiga Negara yang ditulis pada zaman Dinasti Jin. Dikisahkan bahwa bala tentara Sun Quan dari negara Dong Wu pernah melintasi laut sebelum mencapai sebuah daratan barbar. Daratan barbar yang dimaksud sangat mungkin adalah Taiwan.

Namun juga banyak sejarahwan yang menolak tafsiran ini dan berpendapat bahwa daratan yang dimaksud tidak harus merupakan Taiwan. Ini dikarenakan banyak kepulauan besar kecil yang tersebar di Selat Taiwan.

Di zaman Dinasti Ming dan Qing, selat Taiwan dalam dialek Hokkian disebut sebagai O-Chui-Kau (黑水溝), yang secara harfiah berarti parit hitam atau selat malapetaka. Ini dikarenakan pada zaman tersebut, migran yang datang dari daratan Fujian, sangat kerap tewas ditelan ganasnya gelombang laut di selat ini.