Pemancingan Telaga Mina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pemancingan Telaga Mina adalah kolam ikan yang terdapat di kompleks TMII, dapat dijadikan sebagai tempat mancing bagi para penggemar mancing untuk mengisi waktu luang.Kolam ini terletak di bagian belakang atau kawasan timur TMII, berada di antara Museum Listrik & Energi Baru dan Taman Budaya Tionghoa. Pada hari Minggu dan saat liburan tempat ini ramai dikunjungi para pemancing yang datang dari dalam dan luar kota.

Kolam ikan dengan ukuran kurang lebih 1.000 m² ini merupakan kolam pemancingan terluas yang ada di Jakarta.Dengan pengaturan tata tamannya yang asri dan teduh, telaga mina merupakan kolam pemancingan yang ideal sekaligus nyaman. Bagi para pemancing kolam ini bukan sekadar sarana untuk menyalurkan hobby melainkan juga menyatukan kegiatan olahraga, olah rasa dan rekreasi yang menyenangkan.

Berbeda dengan kolam umunya, kolam ini merupakan kolam pemancingan galatama, yakni memancing dengan sistem kompetisi.Pemancing dibatasi hanya boleh menggunakan dua joran selama mancing berlangsung dalam batas waktu tertentu. Waktu penyelenggaraan lazimnya dibatasi yakni 2 sampai 3 jam yang disebut babak atau ronde. Setelah pertandingan usai ikan ditimbang untuk mengetahui perolehan total berat ikan terbesar. Ikan hasil tangkapan tidak dibawa pulang melainkan diceburkan kembali ke dalam kolam setelah dilakukan penimbangan. Pemenangnya adalah pemancing yang memperoleh tangkapan terberat.

Selain menyelenggarakan perlombaan, pemancingan Telaga Mina pada kesempatan tertentu menggelar berbagai kejuaraan besar untuk perebutan piala dan sejumlah hadiah, misalnya kejuaraan untuk memperebutkan piala Jendral Manajer pada setiap ulang tahun TMII, piala Gubernur DKI Jakarta dan kejuaraan dalam rangka hari ulang tahun kemerdekaan RI.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]