Pelayan kapal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pelayan kapal
Pelayan kapal bekerja erat dengan koki kepala dan pelayan kepala.
Keterangan umum
BagianDepartemen pelayanan
DibawahiPelayan kepala, koki kepala
TugasPengelola, pembersih, dan penyimpan makanan
PersyaratanMerchant Mariner's Document atau yang serupa
Dinas jaga
Petugas jagaTidak

Pelayan kapal adalah awak junior di departemen pelayanan pada kapal niaga. Tugas pelayan kapal terutama adalah menyimpan, membersihkan, serta membantu menyiapkan dan menyajikan makanan.

Pelayan kapal kerap membantu pelayan kepala untuk mengambil pasokan, seperti makanan, linen, dan peralatan, serta memastikan bahwa pasokan datang saat dibutuhkan. Terlibat aktif dalam operasional gudang, pelayan kapal juga membantu menginventarisir pasokan. Pelayan kapal biasanya juga bertanggung jawab atas linen kapal, tidak hanya bertugas menyortir, menghitung, dan menyimpan, tetapi juga bertugas menyerahkannya ke awak kapal.

Pelayan kapal adalah pengelola makanan, dan paling terlihat saat membantu koki kepala dalam menyajikan makanan. Tergantung pada kapalnya, pelayan kapal juga dapat bertugas mengambil pesanan dan mengantarkan makanan ke awak kapal. Pelayan kapal biasanya juga menyiapkan "makan malam" untuk awak kapal yang akan mulai berjaga di tengah malam, serta mengatur dan membersihkan meja.

Dapur dan tempat makan di kapal sangat sulit untuk dijaga kebersihannya, sehingga membuat pelayan kapal tetap sibuk. Pelayan kapal juga bertugas membersihkan ruang awak dan perwira kapal, menyapu dan mengepel dek, serta membuang sampah dan menjaga kebersihan tempat sampah. Tugas pelayan kapal yang lain meliputi membersihkan kulkas, membersihkan ornamen, serta membersihkan cat pada dinding kapal.

Tergantung pada kapalnya, pelayan kapal juga dapat bertanggung jawab atas kebersihan tangga, koridor, ruang binatu, gudang, loker linen, kantor kapal, ruang radio, dan berbagai ruang lain. Pelayan kapal juga dapat bertanggung jawab untuk membersihkan ruang, toilet, dan kamar mandi yang digunakan oleh awak dan perwira kapal.

Untuk dapat bekerja sebagai pelayan kapal di Amerika Serikat, seseorang harus memiliki Merchant Mariner's Document yang diterbitkan oleh United States Coast Guard. Sesuai perjanjian dan konvensi internasional, semua pelayan kapal yang berlayar secara internasional juga harus memiliki dokumen serupa yang diterbitkan oleh negaranya masing-masing.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]