Koki kepala

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Koki kepala
Seorang koki kepala sedang bekerja di dapur kapal
Keterangan umum
BagianDepartemen pelayanan
DibawahiPelayan kepala
TugasPengelola, pembersih, dan penyimpan makanan
PersyaratanPelatihan khusus
Dinas jaga
Petugas jagaTidak

Koki kepala adalah awak kapal non-perwira paling senior di departemen pelayanan pada kapal niaga. Tugas utama koki kepala adalah memastikan penyiapan dan penyajian makanan yang lezat dan bergizi.

Selain mengarahkan dan berpartisipasi dalam penyiapan dan penyajian makanan, koki kepala menentukan waktu dan urutan kegiatan di dapur kapal untuk dapat memenuhi jadwal penyajian; menginspeksi kebersihan dapur dan peralatan masak; serta mengawasi penyimpanan dan penyajian makanan. Koki kepala juga dapat merencanakan atau membantu merencanakan menu makanan, serta menginventarisasi stok dan peralatan.

Tugas koki kepala dapat beririsan dengan tugas pelayan kepala, pelayan kapal, dan awak departemen pelayanan yang lain.[1]

Di Amerika Serikat, untuk dapat bekerja sebagai koki kepala, seseorang harus memiliki Merchant Mariner's Document yang diterbitkan oleh United States Coast Guard. Sesuai perjanjian dan konvensi internasional, semua koki kepala yang berlayar secara internasional harus memiliki dokumen serupa yang diterbitkan oleh negaranya masing-masing.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Restodontê | Manutenção preventiva na cozinha". Restodontê. Diakses tanggal 2019-07-18. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]