Pebayuran, Bekasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Koordinat: 6°9′35″LU 107°14′45″BT / 6,15972°LS 107,24583°BT / -6.15972; 107.24583

Pebayuran
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Barat
Kabupaten Bekasi
Pemerintahan
 • Camat Suharja SH.MM
Luas 96,34 km&sup2
Jumlah penduduk 92.821 jiwa
Kepadatan 963,47 jiwa/km²
Desa/kelurahan 13

Pebayuran adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Berbatasan dengan Kabupaten Karawang di utara dan timur, kecamatan Sukakarya di barat, dan kecamatan Kedungwaringin di selatan.

wilayah Administratif[sunting | sunting sumber]

Secara administratif Kecamatan Pebayuran terbagi menjadi 13 desa/kelurahan.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Ditinjau dari tofografinya,kecamatan Pebayuran termasuk dataran paling rendah dengan keberadaan desa karanghaur yang mencapai ketinggian rata-rata 4 meter dpl. Sedangkan daerah lainnya berada pada ketinggian 15 meter dpl.

Berdasarkan pemanfaatan ruang,sebanyak 80% luas wilayah kecamatan Pebayuran merupakan kawasan pertanian lahan basah. Penggunaan lahan lainnya,seperti pemukiman perdesaan dan jalur hijau masih relatif minim,hanya 20% dari luas pebayuran.

Sebagian besar penduduk di kecamatan pebayuran menggantungkan kehidupannya pada sektor pertanian,dengan bekerja sebagai buruh tani. Namun,pada beberapa daerah,seperti desa karanghaur dan karangharja,sumber penghasilannya berasal dari sektor perdagangan besar/eceran dan rumah makan.

Infrastruktur[sunting | sunting sumber]

Pada umumnya,ketersediaan prasarana jalan yang layak masih terbatas pada penghubung antar pusat-pusat desa, ada beberapa titik ruas jalan yang rusak meskipun ada juga kondisi jalan beton yang dirasa cukup nyaman dilalui.

Kondisi lalu lintas di pebayuran tidak terlalu ramai,sarana angkutannya cukup terbatas, trayek angkutan umum tidak menjangkau sampai pelosok, selebihnya hanya mengandalkan ojek motor.

Pemekaran[sunting | sunting sumber]

Dewasa ini muncul wacana pemekaran untuk kecamatan pebayuran,guna meningkatkan pembangunan,pendidikan,kesehatan, SDM,perekonomian,dan infrastuktur lainnya,mengingat wilayah pebayuran memiliki areal yang cukup luas dan pelayanan masyarakat dinilai belum mampu mengakomodir harapan warganya.

Kelurahan/desa[sunting | sunting sumber]

  1. Bantarjaya
  2. Bantarsari
  3. Karangharja
  4. Karanghaur
  5. Karangjaya
  6. Karangpatri
  7. Karangreja
  8. Karangsegar
  9. Kertajaya
  10. Kertasari
  11. Sumberreja
  12. Sumbersari
  13. Sumberurip

Templat:Pebayuran, Bekasi