Patlabor: The TV Series

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Patlabor: The TV Series
機動警察パトレイバー
(Kidō Keisatsu Patoreibaa)
GenreMecha, Aksi, Komedi, Drama polisi
Seri anime
SutradaraNaoyuki Yoshinaga
ProduserTarō Maki
SkenarioHiroyuki Hoshiyama
MusikKenji Kawai
Studio Sunrise
Pelisensi
Saluran
asli
Indonesia Indosiar
Prancis TF1
Chili Etc...TV
Italia Italia 7 and Italia Teen Television
Brasil Portugal Fox Kids Brazil
Filipina RPN-9
Amerika Serikat ImaginAsian TV and Anime Selects
Jepang NTV
Tayang 11 Oktober 1989 29 September 1990
Episode47 (Daftar episode)
 Portal anime dan manga

Patlabor: The TV Series (機動警察パトレイバー) (機動警察パトレイバー?) adalah sebuah serial TV anime tahun 1989 sampai tahun 1990. Serial ini diciptakan oleh Headgear, diproduksi oleh Sunrise, dan mengangkat cerita dari Serial anime Patlabor. Cerita dari serial ini berfokus pada Divisi Kendaraan Khusus Unit Dua (SV2), berisi sekelompok polisi Patlabor yang melawan dan menyelidiki kejahatan. Serial TV ini merupakan cerita alternatif dari OVA orisinil Patlabor dan film, dengan tambahan cerita baru yang lebih ringan.

Latar cerita[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1990-an, Labor adalah robot dirancang khusus untuk melakukan pekerjaan berat. Labor memiliki peran yang cukup penting dalam bidang pembangunan, tetapi sering disalahgunakan. untuk memerangi hal tersebut, diciptakanlah labor baru khusus untuk polisi yaitu Patlabor (labor patroli). Bercerita tentang Divisi Kendaraan Khusus 2, Unit 2. Divisi ini ditugaskan untuk melawan kejahatan dan mengatasi kecelakaan yang melibatkan labor.

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Serial televisi ini diproduksi oleh Sunrise dan disutradarai oleh Naoyuki Yoshinaga.

Dengan kesuksesan dari film pertama, Patlabor menjadi salah satu yang seri OVA yang diadaptasikan ke Televisi. Awalnya Anime ini direncanakan untuk tayang sebanyak 24 episode, (hingga akhir praktikum Kanuka di SV2), tetapi seri ini diperpanjang hingga dua kali. Pertama hingga 36 episode, untuk menutupi konflik dengan Schaft, dan kemudian hingga 47 episode dalam rangka sebagai akhir seri tersebut. dipertengahan seri, karakter Kanuka Clancy pergi dan karakter baru diperkenalkan secara eksklusif untuk serial televisi ini yang bernama Takeo Kumagami. OVA Patlabor: The New Files merupakan kelanjutan dari seri ini.

Atas permintaan sponsor, yaitu Produsen mainan Bandai, anime ini memasukkan beberapa adegan aksi dengan labor. (Labor adalah kendaraan konstruksi berat yang menjadi nama seri ini.) Namun, mainan yang dibuat untuk seri ini tidak menjual seperti yang diharapkan.[butuh rujukan]

Dalam siaran aslinya, labor membuat lebih banyak suara "kshang!" logam, tapi diubah menjadi suara motor berputar seperti dari film ketika seluruh seri dirilis pada Laserdisc.[butuh rujukan]

Episode-Episode[sunting | sunting sumber]

Penayangan[sunting | sunting sumber]

Sebanyak 47 episode ditayangkan di NTV dari 11 November 1989 sampai 29 September, 1990. Di Indonesia, serial Patlabor: The TV Series ditayangkan oleh Indosiar beberapa tahun sejak penayangan aslinya.

Home Video[sunting | sunting sumber]

Bandai Visual telah merilis serial televisi ini di Laserdisc, VHS dan DVD. Dua Blu-ray box set yang berisi dua bagian dari seri ini dirilis pada 27 Agustus, 2010[1] dan 24 September, 2010.[2] Central Park Media merilis seri ini (di bawah label Korps Manga A.S. mereka) pada VHS yang diberi teks dari 7 Juli 1998 sampai 8 Februari 2000, yang mencakup sembilan volume. Mereka kemudian merilis dua volume VHS berbahasa inggris dari tanggal 14 Agustus 2001 hingga 11 Juni 2002 dan kemudian menjatuhkan sisa rilis VHS. CPM juga merilis ulang seri DVD, yang mencakup 11 volume dan tiga box set (dengan volume ke-11 di kotak set ke-3) dari tanggal 14 Agustus 2001 sampai dengan 9 Agustus 2005.[3][4] Semua DVD sekarang sudah habis terjual. Versi Bahasa Inggris diproduksi di Matlin Recording di New York City, New York. Maiden Japan kembali merilis serial TV di Amerika Utara pada Juli 16, 2013 dalam bentuk DVD dan Blu-ray.[5]

Musik[sunting | sunting sumber]

Tema pembuka
  • "そのままの君でいて" (Sono mama no Kimi de ite - berharap kamu yang seperti dulu) oleh Yuko Nitou (episode 1-34)
  • "コンディション・グリーン~緊急発進~" (Kondisi Hijau ~Kinkyuu Hasshin~ - Peluncuran Darurat) oleh Hiroko Kasahara (epìsode 35-47)
Tema penutup
  • "ミッドナイト ブルー" (Midnight Blue - Malam Biru) oleh KISS ME QUICK (episode 1-34)
  • "パラダイスの確率" (Paradise no Kakuritsu - Probabilitas Surga) oleh JA-JA (episode 35-47)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "機動警察パトレイバー ON TELEVISION BD-BOX 1 [Blu-ray] (2010)" (dalam bahasa Japanese). Amazon.co.jp. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-15. Diakses tanggal 1 January 2013. 
  2. ^ "機動警察パトレイバー ON TELEVISION BD-BOX2 <最終巻> [Blu-ray] (2010)" (dalam bahasa Japanese). Amazon.co.jp. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-15. Diakses tanggal 1 January 2013. 
  3. ^ "Patlabor - The Mobile Police: The TV Series - Volume 1 (DVD)". Amazon. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-15. Diakses tanggal 1 January 2013. 
  4. ^ "Patlabor: The Mobile Police, Vol. 9-11". Amazon.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-15. Diakses tanggal 1 January 2013. 
  5. ^ "Maiden Japan Licenses Mobile Police Patlabor TV Anime Series". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-03-22. Diakses tanggal 20 March 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]