Pascal Nyabenda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pascal Nyabenda
Pelaksana tugas Presiden Burundi
Mulai menjabat
8 Juni 2020
Sebelum
Pengganti
Évariste Ndayishimiye (Pemilihan umum)
Presiden Majelis Nasional Burundi
Mulai menjabat
30 Juli 2015
Sebelum
Pengganti
Petahana
Sebelum
Informasi pribadi
Lahir12 April 1966 (umur 58)
Mpanda, Provinsi Bubanza, Burundi
Partai politikDewan Nasional untuk Pertahanan Demokrasi - Pasukan untuk Pertahanan Demokrasi
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Pascal Nyabenda (lahir 12 April 1966)[1] adalah seorang politisi Burundi. Dia telah menjadi Presiden Majelis Nasional Burundi sejak 2015. Dia telah menjadi presiden Dewan Nasional yang berkuasa untuk Pertahanan Demokrasi - Pasukan untuk Pertahanan Demokrasi sejak Maret 2012 (serta memimpin partai kelompok parlemen sebelumnya) dan sebelumnya menjabat sebagai Gubernur Provinsi Bubanza.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Pascal Nyabenda lahir di Mpanda di Provinsi Bubanza, Burundi pada 12 April 1966. Ia bekerja sebagai guru tetapi melarikan diri ke pengasingan pada 1995 selama Perang Saudara Burundi. Ia hidup sebagai pengungsi di Republik Demokratik Kongo, Kenya, dan Tanzania, dan menjadi perwakilan Dewan Nasional pemberontak untuk Pertahanan Demokrasi - Pasukan untuk Pertahanan Demokrasi (Conseil national pour la Défense de la Démocratie – Forces pour la Défense de la Démocratie, CNDD–FDD). Dia kembali ke Burundi di bawah rezim Presiden Pierre Nkurunziza dan memegang berbagai jabatan. Dia menjabat sebagai Gubernur Provinsi Bubanza dari Maret 2006.[2]

Nyabenda terpilih sebagai anggota Majelis Nasional dalam pemilihan parlemen Juni 2015 sebagai kandidat CNDD-FDD, dan dia dipilih oleh para deputi sebagai Presiden Majelis Nasional pada 30 Juli 2015. Tidak ada kandidat lain untuk pos, dan Nyabenda menerima 101 suara.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Saving lives or building peace? Roles and Responsibilities of Humanitarian and Peacebuilding Actors in Conflict Settings (PDF). The Geneva Peacebuilding Platform 2009 Forum. Geneva Peacebuilding Platform. 11 December 2009. hlm. 3. 
  2. ^ "Burundi : Pascal Nyabenda élu président du parti au pouvoir" Diarsipkan 2020-06-09 di Wayback Machine., Xinhua, 1 April 2012 (dalam bahasa Prancis).
  3. ^ "Burundi: Agathon Rwasa devient vice-président de l’Assemblée nationale", Radio France Internationale, 30 July 2015 (dalam bahasa Prancis).
Didahului oleh:
Pierre Nkurunziza
Presiden Burundi
Pelaksana tugas

2020–sekarang
Diteruskan oleh:
Évariste Ndayishimiye
Pemilihan umum