Parapsikologi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Parapsikologi adalah kajian ilmiah dari tiga jenis kejadian yang dianggap tidak biasa (ESP, interaksi pikiran-materi, dan kelangsungan hidup), yang berhubungan dengan pengalaman manusia. Masyarakat awam sering menyebut fenomena ini dengan sebutan "ghaib atau anomali" karena mereka sulit untuk menjelaskan dalam model ilmiah saat ini.

Parapsikologi hanya mempelajari anomali yang termasuk dalam salah satu dari tiga kategori umum: ESP (indera keenam), interaksi pikiran-materi (sebelumnya dikenal sebagai psikokinesis), dan fenomena sugestif mengenai kehidupan setelah kematian tubuh, termasuk pengalaman menjelang kematian, penampakan, dan reinkarnasi. Parapsikolog saat ini berharap bahwa penelitian lebih lanjut pada akhirnya akan menjelaskan fenomena anomali ke dalam hal ilmiah (fisika), meskipun tidak jelas apakah mereka dapat sepenuhnya dipahami tanpa perluasan dari ilmu pengetahuan saat ini. Peneliti lain mengambil sikap bahwa model ilmiah yang ada yakni persepsi dan memori sudah cukup untuk menjelaskan beberapa atau semua gejala parapsikologis.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Penelitian awal[sunting | sunting sumber]

Penelitian awal tentang parapsikologi dilakukan oleh Society for Psychical Research (SPR) yang didirikan di London pada 1882. Pembentukan SPR adalah upaya sistematis pertama untuk mengorganisir para ilmuwan untuk melakukan penyelidikan kritis dan berkelanjutan terhadap fenomena paranormal. Keanggotaan awal dari SPR termasuk para filsuf, sarjana, ilmuwan, pendidik dan politisi, seperti Arthur Balfour, Charles Richet dan William Crookes.

Parapsikologi saat ini[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2007, penelitian parapsikologi diterapkan di sekitar 30 negara dan sejumlah universitas di dunia memiliki studi di bidang parapsikologi. Di antaranya adalah Unit Parapsikologi Koestler di Universitas Edinburgh,[1] Pusat psikologi untuk penelitian fenomena paranormal Universitas Derby[2], Unit Penelitian Kesadaran dan Psikologi transpersonal dari Liverpool John Moores University[3], Pusat untuk Studi Proses Psikologis anomali di Universitas Northampton[4] dan Unit Penelitian Psikologi anomali di Goldsmiths, University of London.[5]

Ruang lingkup penelitian[sunting | sunting sumber]

Fenomena parapsikologi sekilas tampak tidak dibatasi oleh batas-batas yang dikenal ruang atau waktu. Selain itu, mereka mengaburkan perbedaan tajam yang biasanya dibuat antara pikiran dan materi. Dalam penggunaan populer, fenomena parapsikologis dapat dikategorikan sebagai berikut:

  • Telepati : Transfer informasi tentang pikiran atau perasaan antara individu dengan cara lain daripada panca indera klasik .
  • Prekognisi : Persepsi informasi tentang tempat-tempat masa depan atau kejadian sebelum terjadi.
  • Clairvoyance : Memperoleh informasi tentang tempat-tempat atau acara di lokasi terpencil.
  • Psikokinesis : Kemampuan pikiran untuk mempengaruhi materi, waktu, ruang, atau energi.
  • Pengalaman menjelang kematian : Sebuah pengalaman yang dilaporkan oleh orang yang hampir meninggal, atau yang mengalami kematian klinis dan hidup kembali.
  • Reinkarnasi : Kelahiran kembali jiwa atau non-fisik aspek manusia kesadaran dalam tubuh fisik baru setelah kematian.
  • Pengalaman Apparitional : Fenomena sering dikaitkan dengan hantu dan ditemui di tempat-tempat individu yang meninggal diperkirakan telah sering dikunjungi, atau berkaitan dengan barang-barang bekas orang tersebut.[6]

Di masyarakat, berkembang juga berbagai macam ilmu tentang astrologi, sihir, dan sulap. Namun, hal-hal tersebut bukan studi ilmiah sehingga harus dibedakan dengan parapsikologi.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Koestler Parapsychology Unit University of Edinburgh.
  2. ^ Psychology of Paranormal Phenomena Research Group University of Derby.
  3. ^ Liverpool John Moores University, Consciousness and Transpersonal Psychology
  4. ^ Centre for the Study of Anomalous Psychological Processes University of Northampton.
  5. ^ Goldsmiths, University of London, Anomalistic Psychology Research Unit
  6. ^ What do parapsychologists study? Parapsychological Association
  7. ^ Seminar Paranormal dan Parapsikologi Psikiatri FK Unud (2003).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]