Regresi kehidupan masa lalu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Regresi kehidupan masa lalu atau past life regression adalah sebuah teknik yang dilakukan dengan hipnotis untuk mengembalikan apa yang dipercayai sebagian besar praktisi hipnotis adalah ingatan masa lampau atau reinkarnasi. Regresi kehidupan masa lalu umumnya dilakukan untuk mencari pengalaman spiritual ataupun mengatasi masalah psikis sebagai psikoterapi. Sebagian besar penganjur adalah mereka yang percaya terhadap reinkarnasi,[1] walau berbagai tradisi agama yang meyakini reinkarnasi tidak menyertakan gagasan represi memori dari kehidupan pada masa lalu.[2]

Teknik regresi yang digunakan meliputi jawaban-jawaban yang didapatkan dari beberapa tahap pertanyaan pada saat sedang terhipnotis untuk menguak identitas dan kejadian masa lalu, metode yang sama digunakan di terapi pengembalian ingatan dan metode yang sejenis secara salah menggambarkan ingatan sebagai rekaman mendetil mengenai kejadian sebelumnya daripada sebuah bagian konstruksi tindakan-tindakan masa lalu. Penggunaan hipnotis dan pertanyaan sugestif membuat subjek menjadi seperti terdistorsi atau menceritakan ingatan yang salah.[3] Sumber dari memori tersebut agaknya adalah kriptomnesia dan konfabulasi yang mengkombinasikan pengalaman masa lalu, pengetahuan, imajinasi dan sugesti atau pengaruh sang penghipnotis bukannya ingatan kehidupan masa lampau.[1][2]

Ingatan-ingatan yang diceritakan dari regresi kehidupan masa lalu telah banyak diinvestigasi dan diketahui memberikan ketidakakuratan jika dibandingkan dengan kebenaran yang didapat dari pengetahuan sejarah atau budaya pop yang menceritakan peristiwa sejarah. Eksperimen terhadap subjek yang mengalami regresi kehidupan masa lalu menunjukkan bahwa kepercayaan akan reinkarnasi dan sugesti dari penghipnotis adalah dua faktor paling penting yang berkaitan dengan isi memori yang diceritakan.

Mitologi[sunting | sunting sumber]

Regresi kehidupan masa lalu disebutkan dalam Upanishad dari India kuno,[4] tetapi dibahas secara lebih rinci dalam Yoga Sutra Patanjali. Dalam tulisanya di abad kedua SM , sarjana Hindu Patanjali mendiskusikan bahwa jiwa dibebani dengan akumulasi tayangan yang merupakan bagian dari karma dari kehidupan sebelumnya. [5] Patanjali menyebut proses regresi kehidupan masa lalu dengan istilah Prati-prasav (harfiah "reverse melahirkan "), dan menggunakannya untuk mengatasi permasalahan saat ini melalui kenangan kehidupan masa lalu. Prati-prasav saat ini digunakan sebagai sebuah praktik dalam beberapa jenis yoga . [6][7] Dalam mitologi agama dari Cina , jiwa-jiwa dicegah dari mengingat kehidupan masa lalunya oleh Dewi Meng Po, yang memberi mereka minuman pahit yang akan menghapus semua kenangan sebelum mereka menaiki roda Reinkarnasi. [8]

Era Modern[sunting | sunting sumber]

Terapi regresi kehidupan masa lalu telah dikembangkan sejak tahun 1950-an oleh psikolog dan psikiater. Keyakinan diperoleh kredibilitas karena beberapa pendukung memiliki mandat yang sah, meskipun mandat ini berada di daerah yang tidak terkait dengan agama, psikoterapi atau domain lainnya yang berhubungan dengan kehidupan lampau dan kesehatan mental. Keyakinan akan fenomena ini bermula ketika seorang ibu rumah tangga Amerika bernama Virginia Tighe menceritakan kehidupan masa lalunya pada abad ke-19 sebagai wanita Irlandia bernama Bridey Murphy. Penyelidikan-penyelidikan selanjutnya gagal untuk mendukung keberadaan Bridey Murphy, dan menyimpulkan bahwa memori kehidupan masa lalu itu hanyalah ingatan dari masa kecilnya yang sudah lama dilupakan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Carroll RT (2003). The Skeptic's Dictionary: a collection of strange beliefs, amusing deceptions, and dangerous delusions. New York: Wiley. hlm. 276–7. ISBN 0-471-27242-6. 
  2. ^ a b Cordón LA (2005). Popular psychology: an encyclopedia. Westport, Conn: Greenwood Press. hlm. 183–5. ISBN 0-313-32457-3. 
  3. ^ Linse P; Shermer M (2002). The Skeptic encyclopedia of pseudoscience. Santa Barbara, Calif: ABC-CLIO. hlm. 206-7. ISBN 1-57607-653-9. 
  4. ^ Mudholkar, VV (1971). Analytic Survey of the Isavasyopanisad. Karnatak University. hlm. 73. 
  5. ^ "Yoga Sutras 3.17-3.37: Experiences from Samyama". Diakses 2008-12-15. 
  6. ^ Osho (n.d.). [Prati-Prasav: the primal of the ancients Prati-Prasav: the primal of the ancients] Missing or empty |title= (help). The Alchemy of Yoga: Commentaries on the Yoga Sutras of Patanjali. Diamond Pocket Books Ltd. hlm. 129–152. ISBN 8128806696. 
  7. ^ Kumar, R (2000). [Posthumous Personality, Reincarnation and Liberation for Beginners Posthumous Personality, Reincarnation and Liberation for Beginners] Check |url= scheme (help) Missing or empty |title= (help). Kundalini for Beginners: The Shortest Path to Self-Realization (For Beginners). Llewellyn Publications. hlm. 115–130. ISBN 1-56718-435-9. 
  8. ^ McClelland N (2010). Encyclopedia of Reincarnation and Karma. Jefferson, N.C: McFarland & Company. hlm. 108. ISBN 0-7864-4851-2.