Bridey Murphy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Bridey Murphy adalah nama yang diakui oleh seorang wanita bernama Virginia Tighe (yang lahir tanggal 27 April 1923 dan meninggal 12 Juli 1995) sebagai identitas dirinya pada kehidupan masa lalunya sebelum reinkarnasi menjadi Virginia Tighe.

Regresi hipnosis[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1952, seorang pengusaha dan praktisi hipnosis amatir dari Colorado bernama Morey Bernstein membawa seorang ibu rumah tangga bernama Virginia Tighe dari Colorado masuk ke dalam kondisi trance hipnosis, yang menggali kehidupan masa lalu Tighe sebagai wanita Irlandia dari abad ke-19 dan kelahirannya kembali di Amerika Serikat 59 tahun kemudian. Bernstein mempergunakan teknik regresi hipnosis yang membawa subjek kembali ke masa kanak-kanak. Bernstein kemudian berusaha membawa Virginia Tighe selangkah lebih jauh, menuju masa sebelum kelahirannya dan tiba-tiba terkejut karena dia sedang mendengarkan sosok Bridey Murphy yang berbicara dengan logat Irlandia.

Kisah Bridey diawali pada tahun 1806 ketika Bridey berusia delapan tahun dan tinggal di sebuah rumah di kota Cork. Dia adalah anak perempuan dari Duncan Murphy, seorang pengacara, and istrinya Kathleen. Pada usia 17 tahun dia menikah dengan pengacara bernama Sean Brian McCarthy dan pindah ke Belfast. Bridey menceritakan bahwa dirinya terjatuh sehingga meninggal dan menyaksikan pemakamannya sendiri, menggambarkan nisannya dan kondisi kehidupan setelah kematian. Menurut Bridey kondisi tersebut digambarkan sebagai perasaan yang tidak sedih tetapi juga tidak gembira. Entah kenapa, dia dilahirkan kembali di Amerika, meskipun Bridey tidak jelas mengapa hal itu bisa terjadi. Virginia Tighe sendiri lahir di Amerika Serikat bagian Barat-Tengah pada tahun 1923, belum pernah pergi ke Irlandia dan tidak mampu berbicara dengan logat Irlandia.

Buku, publikasi, dan tanggapan[sunting | sunting sumber]

Fakta-fakta yang berhubungan dengan Bridey tidak sepenuhnya diperiksa sebelum publikasi buku karya Bernstein yang berjudul The Search for Bridey Murphy. Bagaimanapun, setelah buku tersebut menjadi buku terlaris, hampir setiap detail diperiksa secara menyeluruh oleh para reporter, yang dikirim ke Irlandia untuk melacak latar belakang Bridey. Saat itulah awal keraguan tentang reinkarnasi Bridey mulai muncul. Bridey mengatakan lahir pada tanggal 20 Desember 1798, di Cork, dan meninggal pada tahun 1864. Tidak ada catatan mengenai kejadian tersebut.[1] Juga tidak ada catatan tentang rumah kayu bernama The Meadows, yang dikatakan oleh Bridey sebagai tempat tinggalnya. Kebanyakan rumah di Irlandia terbuat dari batu bata atau batu. Dia melafalkan nama suaminya See-an, tetapi Sean biasanya diucapkan Shawn di Irlandia. Brian, yang merupakan nama panggilan yang dipakai Bridey untuk memanggil suaminya, juga merupakan nama tengah dari pria yang dinikahi oleh Virginia Tighe. Tetapi beberapa detail peristiwa memang berhubungan. Sebagai contoh, deskripsinya tentang pantai di desa Antrim sangat akurat. Demikian pula dengan cerita perjalanannya dari Belfast menuju Cork. Bridey mengatakan bahwa dirinya pergi ke Gereja St. Theresa. Memang benar ada gereja tersebut di sana, tetapi baru didirikan pada tahun 1911. Bridey muda berbelanja di toko kelontong bernama Farr, dan benar diketemukan bahwa toko tersebut memang ada di sana.

Walaupun banyak lubang dalam cerita Bridey, merupakan suatu hal yang luar biasa bahwa informasi detail mengenai kehidupan di Irlandia pada abad ke-19 dapat sampai kepada Virginia Tighe. Kasus tersebut telah dipelajari oleh para psikiater dan psikolog, yang telah menggunakan hipnosis dalam pengobatan selama bertahun-tahun. Banyak subjek, pada kondisi hipnosis yang dalam, dapat menjadi sangat sugestif dan akan bertindak berdasarkan sedikit petunjuk yang diberikan kepada mereka, berusaha menyediakan jawaban yang mereka percayai secara bawah sadar itulah yang ingin didengar oleh orang yang menghipnotis. Sebagian besar hipnosis merupakan kejadian pelepasan informasi detail yang berhubungan dari otak kita yang memiliki kapasitas penyimpanan informasi yang luar biasa. Subjek itu bahkan dapat mengutip kata demi kata dari buku masa kecilnya yang sudah lama dilupakan. Bagaimanapun juga, seseorang yang berada di bawah kondisi hipnosis tidak secara otomatis mengatakan kebenaran meskipun mereka berusaha memberikan respon yang memuaskan. Bernstein mengakui bahwa, ketika Virginia Tighe berada di bawah kondisi hiposis dia mengatakan kepada Virginia Tighe apa yang diininkan, dan itulah saatnya ketika dia menjadi Bridey Murphy.

Para ahli yang memeriksa kasus Virginia Tighe sampai kepada kesimpulan bahwa jalan terbaik untuk sampai kepada kebenaran bukan dengan memeriksa kembali keadaan di Irlandia, melainkan kepada masa kecil Birginia dan hubungannya dengan kedua orangtuanya. Buku Morei Befnstein menyatakan bahwa Virginia Tighe (yang disebut sebagai Ruth Simmons dalam buku) diasuh oleh pamannya dari Norwegia dan istrinya yang keturunan Jerman-Skotlandia-Irlandia. Namun buku itu tidak menyatakan bahwa orang tua aslinya keduanya adalah orang Irlandia dan Virginia tinggal bersama mereka hingga usia tiga tahun. Buku itu juga tidak menyebutkan bahwa ada imigran Irlandia bernama Bridie Murphy Corkell (1892–1957)[2] tinggal di seberang jalan dari rumah masa kecil Tighedi, Chicago, Illinois. Kebanyakan ilmuwan saat ini puas bahwa semua yang dikatakan Virginia Tighe dapat dijelaskan sebagai ingatan dari masa kecilnya yang sudah lama dilupakan.

The Search for Bridey Murphy juga difilmkan pada tahun 1956 dengan dibintangi oleh Teresa Wright sebagai Ruth Simmons.

Virginia Tighe tidak suka berada dalam sorotan, dan menjadi skeptik terhadap reinkarnasi, meskipun bertahun-tahun kemudian dia berkata. "Semakin tua saya semakin ingin mempercayainya." Dia meninggal di Dencer tahun 1995.[3]

Morey Bernstein tetap yakin bahwa dia telah menemukan kehidupan masa lalu Virginia Tighe, dan hingga akhir hayatnya dia mempertahankan opininya di situs web Cecil Adams, The Straight Dope.[4] yang mengatakan Bernstein meninggalkan hipnotisme setelah Bridey Murphy, dan mulai mengerjakan bisnis. Sukses mengikutinya, dan dia menjadi dermawan lokal yang terkemuka, dan meninggal di Pueblo, Colorado tahun 1999.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Catatan sipil tentang seluruh kematian di Irlandia dimulai pada tanggal 1 January 1864. Kantor Catatan Umum: Sejarah.
  2. ^ U.S. Census, April 1, 1930, State of Illinois, County of Cook, City of Chicago, enumeration district 1955, p. 19-A, family 428. U.S. Census, Jan. 1, 1920, State of Illinois, County of Cook, City of Chicago, enumeration district 1548, p. 12-B, family 331. Obituary of Bridie Corkell, Chicago Tribune, August 10, 1957, part 1, p. . Bridie immigrated to the U.S. in 1908. Although Tighe claimed that she did not know Mrs. Corkell's maiden name, Bridie's spinster sister Margaret Murphy was living with the Corkells in the 1930 census.
  3. ^ F. Morrow, "Homemaker known for reincarnation tale dies," Denver Post, 21 July 1995.
  4. ^ http://www.straightdope.com/columns/read/522/is-it-possible-to-recall-past-lives-through-hypnosis
  5. ^ Robert McG. Thomas Jr., "Pria yang menemukan 'Bridey Murphy' telah wafat," Denver Post, 11 April 1999, p.7A.