Pachinko

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Arena pachinko di Akihabara, Tokyo.

Pachinko (パチンコ?) adalah permainan ketangkasan asal Jepang yang digunakan sebagai bentuk rekreasi permainan arkade atau sebagai mesin perjudian. Mesin pachinko menyerupai mesin pinball yang diletakkan vertikal, tapi tidak memiliki flipper seperti halnya mesin pinball, sedangkan bola yang dipakai adalah bola-bola logam berukuran kecil dalam jumlah besar. Arena pachinko disebut pachinko parlor, di dalamnya juga terdapat berderet-deret mesin slot yang disebut pachislo (pachislot). Arena ini menurut hukum di Jepang, hanya boleh dimasuki orang berumur di atas 18 tahun.

Mesin pachinko terdiri dari berbagai macam tipe dan model, masing-masing memiliki aturan bermain sendiri. Pemain mengalirkan bola-bola di ke dalam mesin. Bola-bola kemudian mengalir turun melalui serangkaian pin-pin yang mengubah arah gerak jatuhnya bola. Bila bola-bola tersebut ada yang masuk ke dalam lubang pada kantong-kantong, bola-bola tersebut diambil oleh mesin yang lalu melakukan serangkaian aksi untuk mengeluarkan lebih banyak lagi bola-bola.[1] Tujuan permainan ini adalah mendapatkan bola sebanyak mungkin. Bila bola yang terkumpul sudah banyak, dapat ditukar dengan hadiah atau tanda mata. Perjudian adalah ilegal di Jepang, bola-bola tidak dapat ditukar dengan uang tunai di arena pachinko. Meskipun demikian, tanda mata dapat ditukar dengan uang di loket yang berada di tempat lain yang tersembunyi, dan relatif terpisah dari arena pachinko.

Ketika pertama kali diciptakan, mesin pachinko hanya berisi peralatan mekanis. Namun mesin pachinko sekarang ini tidak berbeda dengan mesin slot yang sudah terkomputerisasi ditambah layar animasi. Mesin-mesin ini memiliki berbagai macam tema yang dibuat agar pemain tidak menjadi bosan. Pemerintah Jepang memperkirakan pendapatan tahunan dari industri pachinko dan pachislot sebesar ¥29 triliun.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Reed, Daniel J. (2010). "How the Game Works". Dan's Pachinko Data Page. self-published. Diakses 2009-11-09. 
  2. ^ "Pachinko parlors are coining it in". The Standard, Hong Kong. Reuters. 2005-08-08. Diakses 2011-06-25. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]