Osilator relaksasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Osilator relaksasi adalah osilator dimana kondensator diisi sedikit demi sedikit dan lalu dikosongkan dengan cepat. Ini biasanya dibangun dari sebuah resistor atau sumber arus, sebuah kondensator, dan sebuah peranti penahan seperti lampu neon, tiratron, DIAC, UJT, atau diode Gunn.

Kondensator diisi melalui resistor, menyebabkan tegangan yang membentangi kondensator mendekati tegangan pengisi pada kurva eksponensial. Peranti penahan dijajarkan dengan kondensator. Peranti sedemikian ini tidak akan menghantar sebelum tegangan yang membentanginya mencapai tegangan tahan (sulut). Peranti penahan lalu menghantar dan dengan cepat mengosongkan kondensator. Ketika tegangan pada kondensator jatuh hingga lebih rendah dari tegangan tahan, peranti penahan berhenti menghantar dan kondensator mulai diisi kembali. Jika unsur penahan adalah lampu neon, sirkuit juga menghasilkan kilasan cahaya setiap kondensator dikosongkan.

Jika lampu neon atau tiratron digunakan sebagai peranti sulut, resistor tambahan dengan harga puluhan hingga ratusan ohm dipasang berderet dengan peranti sulut untuk membatasi arus dari pengosongan kondensator dan mencegah elektrode lampu untuk rusak dengan cepat karena pulsa arus tinggi yang berulang dengan cepat.

Gelombang keluaran dari osilator relaksasi biasanya adalah gelombang gigi gergaji. Jika hanya sebagian kecil dari lereng eksponensial yang digunakan (tegangan sulut dari peranti penahan lebih rendah dari sumber tegangan), lereng kira-kira merupakan lereng linier, tetapi jika dibutuhkan gelombang gigi gergaji yang benar-benar linier, resistor pengisian harus diganti dengan sumber arus konstan.

Peranti sulut dengan sambungan kendali ketiga, seperti pada tiratron atau UJT memungkinkan waktu pengosongan kondensator untuk disesuaikan dengan pulsa kendali. Dengan demikian, keluaran gigi gergaji dapat disesuaikan dengan isyarat yang diproduksi oleh unsur sirkuit lainnya.

Contoh penggunaan osilator relaksasi[sunting | sunting sumber]

Sirkuit jenis ini digunakan sebagai basis waktu pada osiloskop dan penerima televisi lawas. Varian dari sirkuit ini digunakan sebagai lampu kerdip pada kelab malam. Flash kamera elektronik adalah versi ekamantap dari sirkuit ini, menghasilkan satu siklus gelombang gigi gergaji, tepi naik saat kondensator flash diisi dan tepi jatuh saat kondensator dikosongkan melalui lampu flash.

Penggunaan sebagai basis waktu pada osiloskop ditinggalkan setelah dikembangkan sirkuit basis waktu Integrator Miller yang lebih linier, sirkuit ini menggunakan katup "keras" (tabung hampa) sebagai sumber arus konstan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]