Osaka Temmangu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bangunan utama kuil Osaka Temmangu

Osaka Temmangu (大阪天満宮?) adalah kuil Shinto (jinja) yang terdapat di distrik Kita-ku, Osaka, Jepang. Kuil Osaka Temmangu setiap tahunnya di tanggal 24 Juli dan 25 Juli menyelenggarakan festival Tenjinmatsuri yang merupakan salah satu dari tiga festival musim panas terbesar di Jepang bersama-sama dengan Kanda Matsuri dan Gion Matsuri.

Dewa yang dipuja (saishin) bernama Sugawara Michizane, seorang aristokrat, politikus ulung, dan sastrawan ternama. Kuil ini sering disebut sebagai Temma no Tenjinsan dan populer di kalangan murid-murid sekolah di Jepang yang meminta berkah agar lulus dalam ujian sekolah.

Kuil didirikan tahun 949 Masehi dan mempunyai gedung pertemuan bernama Temmangu Kaikan yang bisa disewa untuk upacara pernikahan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 901, sewaktu dalam perjalanan menuju pengasingan di Dazaifu (Kyushu) atas perintah Fujiwara no Tokihira, Sugawara Michizane mengunjungi kuil Daishogunsha (sekarang lokasinya berada di dalam kawasan Osaka Temmangu). Dua tahun kemudian (903) Sugawara Michizane wafat di Kyushu dan kuil Daishogunsha yang pernah dikunjungi Sugawara Michizane menjadi ramai dikunjungi pengikut Michizane. Pada tahun 949, tujuh batang pohon cemara tumbuh di depan kuil Daishogunsha dan secara tiba-tiba cahaya keluar dari pohon-pohon cemara. Kisah keajaiban ini terdengar sampai ke Kyoto sehingga Kaisar Murakami memerintahkan untuk membuat kuil Temmangu di lokasi sekarang ini.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Wikidata: Ōsaka Tenman-gū

Koordinat: 34°41′45,69″LU 135°30′45,43″BT / 34,68333°LU 135,5°BT / 34.68333; 135.50000