Olimpiade Sains Junior Internasional

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

International Junior Science Olympiad (disingkat IJSO) adalah kompetisi sains internasional untuk siswa-siswi yang berumur tidak lebih dari 15 tahun. IJSO diadakan setiap tahun, dan pertama kali digelar pada tahun 2004 di Jakarta, Indonesia. Setiap negara dapat mengirim satu tim berisi paling banyak 6 siswa dan 3 team leaders. Ini adalah salah satu dari olimpiade sains internasional.

Ujian[sunting | sunting sumber]

Ujian terdiri dari tiga tes terpisah yang dilakukan pada hari yang berbeda. Ujian ini memerlukan pengetahuan tentang sains (fisika, kimia dan biologi). Skor maksimum adalah 100 poin.

Ujian tes tertulis[sunting | sunting sumber]

Ujian tes tertulis terdiri dari 30 soal pilihan ganda, 10 mengenai fisika, 10 mengenai kimia dan 10 mengenai biologi. Setiap soal memiliki 4 pilihan jawaban. Peserta mendapatkan 1 poin untuk setiap jawaban yang benar, 0 poin untuk soal tidak terjawab, dan dikurangi 0.25 poin untuk jawaban salah. Skor maksimum untuk tes ini adalah 30 poin.

Ujian teoritis[sunting | sunting sumber]

Ujian teoritis terdiri dari tiga bagian, satu untuk masing-masing mata pelajaran. Setiap bagian berisi beberapa pertanyaan tentang satu atau lebih topik dari mata pelajaran tersebut. Skor maksimum untuk tes ini adalah 30.

Ujian praktik[sunting | sunting sumber]

Ujian praktik (eksperimen) dilakukan dalam kelompok yang berisi maksimal tiga orang dari negara yang sama, dan setiap negara dapat memiliki 2 tim. Peserta harus mengikuti perintah dan menjawab soal. Semua peserta dari kelompok yang sama menerima nilai yang sama. Skor maksimum untuk tes ini adalah 40 poin.

Hadiah[sunting | sunting sumber]

Medali perak dari IJSO 2007.

Setelah pemeriksaan ujian, para peserta diurutkan sesuai dengan nilai mereka. Kemudian peserta dengan nilai 10% teratas mendapatkan medali emas, 20% setelahnya menerima medali perak, dan 30% setelahnya menerima medali perunggu.

Hadiah tim (team prizes) juga diberikan untuk hasil terbaik pada ujian praktik dan negara terbaik dalam kompetisi. Hadiah individual diberikan kepada siswa terbaik pada ujian teoritis dan pada ujian keseluruhan. Komite Pengurus Lokal (Local Organizing Committee atau LOC) bertanggungjawab dalam memberikan sertifikat keikutsertaan resmi kepada semua siswa, ketua tim dan pengamat.

Daftar penyelenggara[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]