Oldboy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Oldboy
Oldboy movie.jpg
Sutradara Park Chan-wook
Produser Lim Seung-yong
Penulis Hwang Jo-yun
Park Chan-wook
Lim Chun-hyeong
Lim Joon-hyung
Garon Tsuchiya
Pemeran Choi Min-sik
Yu Ji-tae
Kang Hye-jeong
Ji Dae-han
Distributor Tartan Films
Durasi 120 menit

Oldboy (올드보이) adalah sebuah film Korea Selatan yang dirilis pada tahun 2003 dan disutradarai oleh Park Chan-wook. Film ini diadaptasikan dari sebuah komik Jepang dengan judul yang sama dan bercerita tentang pembalasan dendam dan menggunakan banyak unsur-unsur film noir untuk menelaah hal-hal yang menyebabkan dosa dan memengaruhi moralitas manusia.

Film ini memenangkan Grand Prix pada Festival Film Cannes 2004 dan memperoleh pujian yang tinggi dari Quentin Tarantino.

Semboyan: 15 years forced in a cell, only 5 days given to seek revenge (15 tahun dipenjara, hanya 5 hari untuk membalaskan dendam.)

Plot[sunting | sunting sumber]

Film ini dibuka dengan menampilkan sang tokoh utama, Oh Dae-su (Choi Min-sik), seorang warga biasa, ditangkap polisi karena mabuk-mabukan. Setelah temannya membayarkan uang jaminan untuk membebaskannya, Dae-su hilang diculik oleh orang-orang tak dikenal.

Dae-su lalu ditampilkan sedang dikurung di dalam sebuah kamar yang tampak seperti sebuah kamar hotel yang suram. Ia dikurung selama 15 tahun tanpa diberitahu siapa yang memerintahkan pengurungannya. Sepanjang 15 tahun itu, ia hampir menjadi gila dan mengetahui kabar terbunuhnya istrinya melalui televisi.

Dae-su juga melatih dirinya agar bisa membalaskan dendam jika berhasil keluar dari tahanan. Suatu kali saat makanan yang diantarkan kepadanya disertai sebatang sumpit tambahan, ia menggunakannya untuk mengorek dinding kamar dan akhirnya berhasil menampakkan sebuah lubang kecil di dinding.

Tiba-tiba saja ia dilepaskan dan diberikan satu setel pakaian, telepon genggam, buku harian yang ia tulis selama dikurung, serta sebuah dompet berisi banyak uang. Di sebuah restoran sushi, ia bertemu wanita muda bernama Mi-do (Kang Hye-jeong), yang merasa iba kepada Dae-su dan membawanya tinggal bersamanya.

Dae-su lalu bertemu dengan Woo-jin (Yu Ji-tae), orang yang mengaku bertanggung jawab atas pengurungan Dae-su. Woo-jin menantang Dae-su untuk mencari tahu alasan di balik pengurungannya dalam lima hari. Jika ia gagal, Mi-do akan dibunuh. Jika berhasil, Woo-jin akan bunuh diri.

Dari penyelidikan yang dilakukannya, Dae-su berhasil menemukan lokasi tempat kurungannya dan bertemu dengan sang manajer tempat tersebut. Melalui kaset rekaman milik sang manajer, Dae-su mengetahui bahwa Woo-jin memang berada di balik semua kejadian yang menimpanya, namun tidak ada alasan spesifik yang dikatakan Woo-jin kecuali bahwa "Oh Dae-su berbicara terlalu banyak." Sementara itu hubungan Dae-su dan Mi-do semakin dekat dan pada suatu malam, mereka akhirnya bercinta.

Dengan bantuan Mi-do, Dae-su menemukan bahwa ternyata pada masa sekolah menengah, ia pernah melihat Woo-jin dan saudara perempuannya Soo-ah sedang melakukan hubungan intim. Saat itu Dae-su kemudian memberitahukan hal tersebut kepada temannya, dan rumor pun beredar bahwa Soo-ah telah hamil akibat kejadian tersebut. Soo-ah sendiri menjadi yakin bahwa ia hamil, dan memutuskan bunuh diri.

Saat Dae-su mengkonfrontasikan Woo-jin tentang informasi ini, Woo-jin rupanya juga telah mempersiapkan rahasia untuk dibeberkan kepada Dae-su. Mi-do rupanya adalah anak Dae-su yang telah lama hilang. Pertemuan keduanya ternyata telah dipersiapkan Woo-jin, ditambah dengan penggunaan hipnosis terhadap Dae-su dan Mi-do agar semuanya berjalan lancar.

Dae-su terkejut dan menjadi ketakutan; ia meminta agar Woo-jin tidak memberitahukan hal tersebut kepada Mi-do, dan bahkan memotong lidahnya sendiri agar tidak akan pernah berbicara terlalu banyak lagi. Woo-jin sendiri memenuhi janjinya, dan bunuh diri.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  • Penghargaan Lonceng Besar (Grand Bell Awards) – Korea Selatan (2004)
    • Sutradara Terbaik – Park Chan-wook
    • Aktor Terbaik – Choi Min-sik
    • Penyunting Terbaik – Kim Sang-beom
    • Pencahayaan Terbaik – Park Hyun-won
    • Penata Musik Terbaik – Cho Young-wuk

Pranala luar[sunting | sunting sumber]