Old Tjikko

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Old Tjikko

Old Tjikko adalah pohon Spruce Norwegia berusia 9.550 tahun, yang terletak di Gunung Fulufjället provinsi Dalarna, Swedia. Old Tjikko adalah pohon individu klonal tertua di dunia yang diketahui masih hidup. Namun, ada banyak contoh koloni klonal jauh lebih tua (beberapa pohon yang dihubungkan dengan sistem akar yang sama), seperti "Pando", diperkirakan berusia lebih dari 80.000 tahun.

Usia pohon ditentukan dengan sistem penanggalan karbon dari sistem akar di bawah pohon, bukan dengan dendrokronologi, atau menghitung lingkaran tahun. Batang itu sendiri diperkirakan usianya hanya beberapa ratus tahun, tetapi pohon secara keseluruhan dapat bertahan lebih lama karena proses yang dikenal sebagai layering (ketika cabang datang dalam kontak dengan tanah, membuat kecambah akar baru), atau vegetatif kloning (ketika batang mati tetapi sistem akar masih hidup, kemudian tumbuh batang baru).

Pohon non-klonal yang hidup tertua, diverifikasi oleh dendrochronology, berusia 5063 tahun pada 2013 (mantan rekor dipegang oleh "Methuselah" (4846)). Kedua pohon Great Basin Bristlecone Pine yang terletak di California. Kloning reproduksi vegetatif dan umum di banyak tanaman, seperti semak creosote (lihat "Raja Clone", diperkirakan dari tingkat pertumbuhan berusia hampir 12.000 tahun). Banyak tanaman lain juga dapat mengambil keuntungan dari proses ini secara eksklusif atau bersama-sama dengan reproduksi seksual, tetapi penanggalan atau memperkirakan usia organisme ini mungkin tidak dapat dilakukan tanpa bukti (misalnya, akar lama, sisa-sisa kuno, tingkat pertumbuhan yang konsisten).

Penemuan dan rincian[sunting | sunting sumber]

Old Tjikko diperkirakan setidaknya berumur 9.550 tahun, sehingga diketahui sebagai pohon individu kloning vegetatif tertua di dunia. Ia berdiri setinggi 5 meter (16 kaki) dan terletak di Gunung Fulufjället provinsi Dalarna Swedia.[1] Selama ribuan tahun, pohon muncul dalam formasi semak kerdil (juga dikenal sebagai formasi krummholz) karena keadaan ekstrem keras dari lingkungan di mana ia hidup. Selama pemanasan global abad terakhir, pohon telah tumbuh ke dalam formasi pohon normal. Orang yang menemukan pohon ini, Leif Kullman (Profesor Geografi Fisik di Universitas Umeå), telah mengaitkan percepatan pertumbuhan ini terhadap pemanasan global, dan menjuki pohon ini "Old Tjikko" seperti nama anjingnya yang sudah mati.[1]

Pohon itu telah bertahan begitu lama karena proses kloning yang banyak pohon dapat mengambil keuntungan dari itu. Pohon yang terlihat relatif muda, tapi itu adalah bagian dari suatu sistem akar yang lebih tua yang berusia ribuan tahun. Batang pohon bisa mati dan menumbuhkan kembali beberapa kali, tetapi sistem akar pohon tetap utuh dan pada gilirannya kecambah batang lain tumbuh. Batangnya hanya dapat hidup selama 600 tahun, dan ketika satu batang meninggal, yang lain akhirnya tumbuh kembali di tempatnya.[2] Selain itu, setiap musim dingin, salju berat dapat mendorong dataran rendah cabang pohon ke permukaan tanah, di mana mereka mengambil akar dan bertahan tumbuh lagi tahun depan [3] dalam proses yang dikenal sebagai layering. Layering terjadi ketika cabang pohon datang dalam kontak dengan bumi, dan akar baru tumbuh dari titik kontak. Pohon lain, seperti kayu merah pantai dan western redcedars diketahui berkembang biak dengan layering.[4] Usia pohon ditentukan dengan penanggalan karbon-14 dari sistem akar, yang menemukan akar penanggalan kembali ke 375, 5.660, 9.000, dan 9.550 tahun. Penanggalan karbon tidak cukup akurat untuk dijabarkan tahun yang tepat ketika pohon tumbuh dari benih, tetapi mengingat usia diperkirakan pohon seharusnya telah tumbuh sekitar 7550 SM. Sebagai perbandingan, penemuan menulis ( dan dengan demikian, awal sejarah yang tercatat ) tidak terjadi sampai sekitar 4000 SM . Para peneliti telah menemukan sekelompok sekitar 20 pohon cemara di daerah yang sama, lama keseluruhan 8.000 tahun.[5][6]

Gambar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Landau, Elizabeth. "World's oldest tree points to global warming impact". CNN. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-02-22. Diakses tanggal 6 Mei 2008. 
  2. ^ Owen, James. "Oldest Living Tree Found in Sweden". National Geographic. Diakses tanggal 6 Mei 2008. 
  3. ^ "Swedes find 'world's oldest tree'". BBC News. 17 April 2008. Diakses tanggal 6 May 2008. 
  4. ^ "World's Oldest Tree Discovered?". Western Institute for Study of the Environment. 20 April 2008. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-04-22. Diakses tanggal 12 April 2009. 
  5. ^ "World's oldest living tree discovered in Sweden". Umeå University. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-04-20. Diakses tanggal 6 May 2008. 
  6. ^ Kirkebøen, Stein Erik (24 April 2010). "Verdens eldste tre". Aftenposten (dalam bahasa Norwegian). hlm. 14. Diakses tanggal 30 April 2010.