Nube: Guru Ahli Roh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Nube: Guru Ahli Roh
75K
Sampul manga Jigoku Sensei Nūbē (Nube: Guru Ahli Roh), vol. 1. Terbitan Sueisha.
Genre Horor, Komedi, Dewasa
Manga
Pengarang  Makura Shō (penulis)
Takeshi Okano (ilustrator)
Penerbit  Shueisha
Anime
Sutradara  Yukio Kaizawa
Studio Toei Animation
Portal Anime dan Manga

Nube: Guru Ahli Roh, dengan judul asli Jigoku Sensei Nube (地獄先生ぬ~べ~ Jigoku Sensei Nūbē?), adalah serial manga yang diciptakan atas kerja sama dari seorang penulis bernama Shou Makura dan seniman bernama Takeshi Okano dalam majalah komik Weekly Shonen Jump terbitan Shueisha. Serial ini terdiri dari 276 bab (tidak termasuk bab tambahan dengan tokoh "Nube" yang dikenal sebagai "Nubo") dari edisi 38, 1993 sampai edisi 24, 1999. Serial anime Nube dengan 48 episode yang berdasarkan manga dengan judul yang sama diciptakan oleh Toei Animation, dan disiarkan dari tahun 1996 sampai 1997, ditayangkan oleh Animax dan TV Asahi. Anime tersebut menghasilkan tiga film dan tiga episode OAV. Di Indonesia, manga tersebut diterbitkan oleh m&c, dan serial animenya ditayangkan oleh TV7 (sebelum menjadi Trans7).

Umumnya cerita dalam manga ini mengambil latar di kota Dōmori. Tokoh utama dalam cerita tersebut adalah Meisuke Nueno (鵺野鳴介 Nueno Meisuke?), dengan nama panggilan Nūbē (ぬ~べ~?), wali kelas 5-3 di SD Dōmori (童守小学校 Dōmori Shōgakkō?). Selain sebagai seorang guru, Nube juga merupakan seorang ahli roh, dan sering melindungi kota Dōmori dari gangguan roh jahat dengan meminjam kekuatan setan yang terkurung dalam tangan kirinya – tangan yang ia sebut "Tangan Setan" (鬼の手 Oni no Te?) – karena tangan tersebut berbeda dengan tangan manusia biasa.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Manga ini terdiri dari beberapa bab. Biasanya setiap bab memiliki cerita yang berbeda. Topik utama dalam serial Nube adalah makhluk supranatural dan fenomena misterius, maka kebanyakan episode menceritakan kisah pertemuan antara makhluk supranatural dengan salah satu murid Nube. Seringkali murid Nube terlibat konflik dengan makhluk tersebut, namun beberapa di antaranya bersifat baik dan cerita diakhiri tanpa adegan kekerasan. Ketika makhluk atau roh jahat menyerang salah satu muridnya, Nube turun tangan dengan kekuatan "Tangan Setan" yang dimilikinya untuk menyingkirkan makhluk tersebut. Apabila salah satu muridnya mengalami suatu fenomena misterius, maka Nube dan muridnya mencari pemecahan masalah bersama-sama. Kebanyakan fenomena tersebut disebabkan oleh roh maupun makhluk supranatural, namun beberapa fenomena disebabkan tanpa sengaja oleh tokoh itu sendiri. Selain roh jahat dan fenomena misterius, konflik dalam cerita Nube kadangkala disebabkan oleh tokoh antagonis, tetapi sangat jarang muncul. Untuk masalah roh jahat, biasanya Nube menyelesaikannya dengan kekuatan "Tangan Setan", namun masalah yang dialami oleh murid Nube tidak selamanya terselesaikan oleh kekuatan tersebut. Dalam setiap akhir cerita, Nube dan muridnya biasanya mengambil hikmah dari peristiwa yang dialaminya.

Tokoh[sunting | sunting sumber]

Tokoh dalam cerita Nube: Guru Ahli Roh dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok menurut perannya dalam cerita tersebut.

  • Kelompok pertama adalah guru-guru dan staf sekolah di SD Dōmori yang sudah dewasa, yang dalam cerita berperan sebagai pengajar dan membantu murid-muridnya dalam setiap kesusahan. Dalam serial Nube: Guru Ahli Roh, hanya ada beberapa guru yang muncul dalam cerita. Tokoh Nube termasuk dalam kelompok ini. Guru lainnya yaitu Ritsuko Takahashi, Pak Ishikawa, Kuroi Mami, dan Pak Ootsuki.
  • Kelompok kedua adalah murid-murid SD Dōmori yang memiliki karakter dan watak yang berbeda-beda. Kebanyakan tokoh yang termasuk dalam kelompok ini merupakan murid kelas 5-3, yaitu kelas yang dibimbing oleh Nube. Beberapa tokoh dalam kelompok ini juga berasal dari kelas lain, yang kemunculannya sangat jarang dalam serial Nube. Kebanyakan tokoh utama dalam serial Nube berasal dari kelas 5-3, seperti misalnya Hiroshi Tateno, Kyoko Inaba, Miki Hosokawa, Katsuya Kimura, Makoto Kurita, dan lain-lain.
  • Kelompok ketiga adalah siluman maupun makhluk supranatural. Biasanya tokoh yang termasuk dalam kelompok ini kemunculannya hanya sekali dalam satu episode, namun beberapa di antaranya tidak hanya muncul dalam satu episode saja, karena memiliki hubungan dengan Nube. Tokoh tersebut misalnya siluman rubah bernama Tamamo, gadis salju bernama Yukime, dan seekor putri duyung bernama Hayame.
  • Kelompok keempat adalah tokoh lain yang tidak termasuk ke dalam tiga kelompok di atas. Tokoh dalam kelompok ini dekat dengan Nube, namun kemunculannya jarang. Tokoh tersebut misalnya Izuna Hazuki, seorang gadis yang memiliki pengetahuan mengenai dunia roh, seperti halnya Nube, namun sering melakukan tindakan yang ceroboh. Tokoh lainnya adalah seorang bhikshu yang tamak dan suka menipu bernama Osho.

Pengaruh[sunting | sunting sumber]

Meisuke Nueno alias Nube, tokoh utama sebagai guru pengusir roh jahat.

Meskipun Shou Makura dan Takeshi Okano menciptakan dunia Nube menurut kreasi mereka, mereka juga dipengaruhi oleh beberapa penulis, anime dan mangaka lainnya. Sebagai contoh, karakter Nube merupakan kombinasi dari karakter Chirico Cuvie, tokoh utama dalam anime Armored Trooper Votoms dan Black Jack, karya Osamu Tezuka. Desain karakter Ritsuko mirip dengan beberapa tokoh pahlawan perempuan dalam anime klasik dari tahun 1970-an berjudul Giant robot, dan desain tokoh Minako mirip dengan desain karya Honey Kisaragi dalam Cutie Honey. Desain para roh dan makhluk supranatural diangkat berdasarkan karya pelukis Sekien Toriyama, yang terkenal dengan lukisannnya yang berbau supranatural.

Nube dalam media lain[sunting | sunting sumber]

Sebuah video game dirilis di Jepang dalam Sony PlayStation tahun 1997. Belakangan ini, Nube dan Yukime menjadi karakter pendukung dalam permainan Nintendo DS berjudul Jump Ultimate Stars tahun 2006, dengan Hiroshi dan Kyoko sebagai karakter pembantu.

Lagu tema[sunting | sunting sumber]

Pembuka:

  1. Baribari Saikyou No. 1 (The No. 1 Greatest Hard-Worker) oleh Feel So Bad (serial TV)
  2. News na Gakkou (School News) oleh Sigetaka Takayama & Himawari Kids (OAVs)

Penutup:

  1. Mienai Chikara ~Invisible One~ (Unseen Power ~Invisible One~) oleh B'z (serial TV - Eps. 1-29)
  2. Spirit oleh PAMELAH (serial TV - Eps. 30-47)
  3. Baribari Saikyou No. 1 (serial TV - Ep. 48)
  4. Hurt oleh CASH (OAVs)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]