Northside Boys 12

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Northside Boys 12
PanggilanNSB12
Didirikan14 November 2015
JenisKelompok suporter
Klub kebanggaanBali United
MarkasGianyar
StadionStadion I Wayan Dipta, Gianyar
TribunTribun utara
Warna KebesaranMerah dan Hitam
AfiliasiTidak berafiliasi
Websitenorthsideboys12.com


Northside Boys 12 atau disingkat NSB12 adalah kelompok supporter fanatik tim Bali United.[1] Kelompok supporter yang biasa disebut dengan NSB12 ini pertama kali muncul di stadion Kapten I Wayan Dipta bagian sisi Tribun Utara, pada akhir tahun 2015. Dengan mengusung slogan “Solidarity is Power” mereka hadir tanpa dikomandoi dan tidak memiliki organisasi terstruktur.

Kelompok supporter ini memiliki pemikiran yang berbeda dangan kelompok supporter lainnya. Mereka cenderung memiliki idealis yang kuat dan memiliki cara mendukung yang berbeda. Mereka memilih untuk berada di jalur independent tanpa berafiliasi dengan manajemen tim. Upaya itu diambil agar mereka memiliki keleluasaan dalam mendukung dan mengkritik tim yang mereka banggakan.

Gaya mendukung dengan bernyanyi dan memberikan support selama 90 menit menjadi ciri khas mereka. Sesekali mereka juga menghadirkan beberapa koreo indah yang bertujuan untuk memberikan semangat yang berlebih bagi Tim Bali United.

Saat ini diperkirakan memiliki masa lebih dari 5000 orang yang memadati tribun utara Stadion Kapten I Wayan Dipta dan didominasi oleh anak muda. Selain mendukung di Kandang, secara militan mereka juga hadir dengan mengikuti pertandingan tandang Bali United, baik nasional maupun internasional.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sepenggal catatan perjalanan komunitas NSB12". Bolasport.com. Diakses tanggal 2 Nov 2020.