Norodom Sihamoni

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Norodom Sihamoni
Raja Kamboja
Norodom crop.jpg
Memerintah 14 Oktober 2004 – Sekarang
Koronasi 29 Oktober 2004
Pendahulu Norodom Sihanouk
Ayah Norodom Sihanouk
Ibu Norodom Monineath Sihanouk
Lahir 14 Mei 1953 (umur 61)
Phnom Penh, Kamboja

Raja Norodom Sihamoni dari Kamboja (bahasa Khmer: Mul script Seihamuni7.png; regular script Seihamuni1.png, pronounced IPA|/nɔɾoːdɔm siːhamuniː/) adalah Raja Kamboja. Ayahnya adalah Norodom Sihanouk, Raja Kamboja dan ibunya Ratu Monineath (atau lebih dikenal dengan nama "Monique").

Gelar[sunting | sunting sumber]

Sebagai Raja Kamboja, ia bergelar:
"Preah Karuna Preah Bat Sâmdech Preah Bâromneath Norodom Sihamoni, Preahmâhaksat (artinya: "raja") dari Kerajaan Kamboja"
dalam bahasa Khmer:
Seihamuni6.pngSeihamuni7.pngSeihamuni11.png
Seihamuni10.png

Makna harafiah dari gelarnya adalah sebagai berikut:
Preah ("suci", yang berasal dari kata dalam bahasa India Brahmana) Karuna ("welas asih", sebuah konsep Buddhis, lihat Karuna) Preah ("suci") Bat ("kaki", dari bahasa Sanskerta pāda) Sâmdech ("Paduka, Pangeran, Yang Mulia") Preah ("suci") Bâromneath (dari bahasa Sanskerta parama yang berarti "maha tinggi" dan nātha berarti "Tuan, pelindung") Norodom (nama kecil Raja Norodom dari Kamboja, yang digunakan sebagai nama keluarga oleh keturunannya) Sihamoni (nama kecil dari Baginda Norodom Sihamoni; Siha- berarti "singa", dari bahasa Sanskerta siṃha; -moni berasal dari bahasa Sanskerta muni, yang berarti "bijaksana, diilhami, penuh hikmat"; pembawa nama orangtuanya) Preahmâhaksat (Preah- "suci"; -mâha- dari bahasa Sanskerta, yang berarti "besar", dari kata yang sama dengan "maha-" dalam bahasa Indonesia; -ksat berarti "ksatria, penguasa", dari Kerajaan Kamboja.

Kelahiran dan Karier[sunting | sunting sumber]

Samdech Preah Bâromneath Norodom Sihamoni (lahir 14 Mei 1953 di Phnom Penh) ialah raja Kamboja yang sekarang dan merupakan anak Raja Norodom Sihanouk dan Ratu Monieath. Sebelum dilantik untuk menggantikan ayahnya sebagai raja Kamboja, ia telah menjabat sebagai duta UNESCO.

Pangeran Sihamoni lebih dikenal di Eropa sebagai seorang yang giat dalam bidang kesenian. Pada tahun 1960an - 1970an ia tinggal di Praha untuk mempelajari seni tarian klasik dan kemudian ke Korea Utara untuk mempelajari cara membuat film. Pada 1981 ia pindah ke Perancis dan menetap di sana untuk mengajar tari balet. Ia telah menghabiskan banyak usianya (kira-kira 20 tahun) di luar Kamboja.

Pada tahun 1993, Sihamoni dilantik sebagai delegasi Kamboja untuk UNESCO, cabang kebudayaan PBB yang bertempat di Paris. Di sini, ia dikenal sebagai seorang yang gigih bekerja dan seorang yang amat mencintai Kamboja.

Pada 14 Oktober 2004, Pangeran Sihamoni dilantik oleh majelis khusus sembilan anggota untuk menggantikan ayahnya, Raja Sihanouk yang telah mengumumkan penurunan tahtanya secara mendadak. Pemilihannya disetujui oleh Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen dan Ketua Dewan Nasional, Pangeran Norodom Ranariddh, mereka berdua anggota majelis kerajaan. Sihamoni ditabalkan di Phnom Penh pada 29 Oktober 2004. Sihamoni masih belum berumahtangga dan tidak mempunyai anak. Namun ini tidak menjadi masalah karena raja Kamboja dilantik oleh Dewan Kerajaan. Norodom Sihamoni bisa berbahasa Khmer, Perancis, Ceko, Inggris, dan Rusia.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Norodom Sihanouk
Raja Kamboja
2004–sekarang
Diteruskan oleh:
Belum Ada