Nokia PC Suite

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Nokia PC Suite adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menyambungkan ponsel Nokia dengan PC yang dijalankan oleh sistem operasi Microsoft Windows. Perangkat lunak ini dapat digunakan untuk mentransfer musik, foto, dan aplikasi. Nokia PC Suite juga dapat digunakan untuk mengirim SMS (Short Message Service) atau digunakan sebagai modem untuk dihubungkan ke internet. Ponsel Nokia dapat dihubungkan ke PC dengan menggunakan kabel USB, Bluetooth, ataupun inframerah. Nokia PC Suite merupakan perangkat lunak yang dimiliki dan dibutuhkan untuk mengakses aspek tertentu dari ponsel Nokia. Nokia PC Suite menyediakan alat bantu untuk mengatur ponsel Nokia pada PC. Nokia PC Suite dapat digunakan dengan ponsel Nokia yang kompatibel. Namun, tidak semua fitur dan aplikasi Nokia PC Suite dapat digunakan dengan semua model ponsel.

Persyaratan Sistem[sunting | sunting sumber]

Untuk menginstal dan menjalankan aplikasi Nokia PC Suite diperlukan:

  • Windows 2000 Service Pack 4 atau Windows XP 32 & 64 bit (Professional atau Home Edition)
  • Sedikitnya 200 MB ruang disk yang tidak terpakai
  • Ponsel Nokia yang kompatibel

Konektivitas[sunting | sunting sumber]

Transfer data di antara ponsel dan PC dimungkinkan bila ponsel terhubung dengan PC. Sambungan dibuat dengan menggunakan salah satu jenis sambungan berikut:

Kabel sambungan[sunting | sunting sumber]

Kabel sambungan yang dapat digunakan seperti kabel serial CA-42 atau USB (DKU-2, DKE-2 atau CA-53).

Teknologi Nirkabel Bluetooth[sunting | sunting sumber]

Agar konektivitas Bluetooth berhasil diperlukan OC yaitu perangkat lunak teknologi nirkabel Bluetooth yang sesuai. Jarak konektivitas kedua perangkat harus berada dalam radius 10 meter. Untuk membuat sambungan teknologi nirkabel Bluetooth antara ponsel dan PC memerlukan peralatan teknologi nirkabel bluetooth yang kompatibel dengan salah satu susunan Bluetooth berikut:

  • Bluetooth Microsoft Windows XP (disertakan dengan Windows XP Service Pack 2)
  • Susunan Bluetooth Toshiba untuk Windows XP/2000 versi 4.0
  • WIDCOMM BTW 1.4, 3.0, 4.0, 5.0
  • Susunan Bluetooth IVT BlueSoleil untuk Windows XP /2000 (versi driver 1.6.1.2)

Catatan: Pemasangan driver untuk kabel sambungan DKU-2, DKE-2, CA-53 dan CA-42 memerlukan Windows 2000 dengan Service Pack 4 atau Windows XP dengan Service Pack 1 atau Service Pack 2.

Aplikasi[sunting | sunting sumber]

Nokia Content Copier[sunting | sunting sumber]

Nokia Content Copier digunakan untuk membuat cadangan dan mengembalikan data pribadi di antara ponsel dan PC serta memungkinkan untuk menyalin informasi di antara dua ponsel Nokia. Pembuatan cadangan isi ponsel secara berkala membantu menghindari hilangnya data yang penting. Saat penyalinan jangan menggunakan atau memutuskan hubungan ponsel dan PC. Dalam pembuatan cadangan dapat dipilih konten apa yang ingin dibuat cadangannya seperti isi memori telepon dan kartu memori, hanya memori telepon ataukah hanya isi kartu memori. Secara standar, hanya isi memori telepon yang akan dibuat cadangannya. Item yang dapat dibuat cadangannya sebagai berikut:

  • Kontak kecuali pada kartu SIM
  • Informasi kalender
  • File, misalnya file musik dan gambar
  • Pesan teks
  • Pengaturan
  • Data pada kartu memori

Sewaktu proses pembuatan cadangan, Content Copier membuat file cadangan (.nbu). File cadangan dapat digunakan sewaktu mengembalikan konten ponsel, baik ke model ponsel yang sama atau ke model ponsel yang lain. Sejumlah konten hanya dapat dikembalikan ke model ponsel yang sama yang membuat file cadangan asli. File cadangan harus disimpan dalam format aslinya karena mengedit file dapat menyebabkan masalah dalam operasi pemulihan isi file. Untuk memastikan bahwa ponsel dan aplikasi Nokia PC Suite berfungsi dengan baik dianjurkan untuk memulihkan file cadangan hanya ke ponsel yang menggunakan bahasa yang sama seperti ponsel sumber. Untuk memeriksa isi cadangan terakhir yang dibuat atau yang dikembalikan ke ponsel dapat menggunakan pilihan log. Log juga memuat daftar pesan kesalahan yang ditampilkan selama operasi pembuatan cadangan ataupun pengembalian.

Nokia PC Sync[sunting | sunting sumber]

Nokia PC Sync digunakan untuk menyinkronkan kontak, item kalender, catatan, item agenda dan e-mail antara ponsel dan Personal Information Manager (PIM) pada PC. Nokia PC Sync juga dapat menyinkronkan penunjuk antara ponsel Nokia yang kompatibel dan browser web yang didukung. Menyinkronkan kontak antara ponsel yang kompatibel dan PC berarti mempertahankan data yang sama di kedua sistem. Jangan menggunakan aplikasi Nokia PC Suite lain bila proses sikronisasi sedang berlangsung dan ponsel berada dalam modus siaga. Sikronisasi ponsel Nokia dapat dilakukan bila didukung PIM PC berikut:

Nokia Phone Browser[sunting | sunting sumber]

Nokia Phone Browser digunakan untuk mengatur folder ponsel melalui Windows Explorer. Nokia Phone Browser terdiri dari phone folders untuk setiap ponsel yang terhubung ke PC namun, tidak dapat membuat folder baru di bawah folder telepon. Nama standar folder telepon adalah berupa Nokia xxxx misalnya Nokia 2895 dan dapat mengubah nama folder yang ada dalam Nokia Phone Browser dengan nama akrab telepon yang diberikan pada PC. Phone subfolders menampilkan folder yang berlaku apabila ponsel terhubung ke PC. Jika ponsel mendukung kartu memori dan kartu memori itu disisipkan dalam ponsel maka kartu memori dan subfoldernya ditampilkan sebagai subfolder telepon. Dalam sebagian subfolder telepon dapat dibuat folder baru dan hanya dapat mengubah nama subfolder telepon yang kosong.

Nokia Contacts Editor[sunting | sunting sumber]

Nokia Contacts Editor digunakan untuk melihat, mengedit, menyimpan dan mencetak kontak telepon pada PC, dan juga membuat, menghapus, mengatur dan memperbarui kontak dalam tampilan kontak pada Nokia Phone Browser.

Nokia Text Message Editor[sunting | sunting sumber]

Nokia Text Message Editor digunakan untuk menulis, mengirim dan mencetak pesan teks dari PC serta dapat membuka, mengedit, menerima, dan mengatur pesan teks pada tampilan pesan dalam Nokia Phone Browser. Nokia Text Message Editor mendukung Unicode atau mendukung semua karakter. Tetapi tidak semua ponsel mendukung Unicode. Ini berarti tidak semua karakter dapat ditampilkan dengan baik di semua tampilan ponsel. Nokia Text Message Editor tidak mendukung pesan gambar.

Nokia Application Installer[sunting | sunting sumber]

Nokia Application Installer digunakan untuk memasang aplikasi Symbian dan Java misalnya, kalkulator, kalender atau permainan dari PC ke ponsel dengan jenis file berikut tergantung pada model ponsel:

  • File .SIS
  • File .SISX
  • File .JAD dan .JAR. Kedua file harus disimpan dalam folder yang sama pada PC sebelum dipasang.

Proses pemindahan ini hanya dapat dilakukan satu aplikasi setiap kali.

Nokia Multimedia Player[sunting | sunting sumber]

Nokia Multimedia Player digunakan untuk melihat/memutar pesan multimedia, file audio dan video, membuat daftar putar file multimedia yang menjadi favorit, menyimpan file audio dan video yang memungkinkan untuk menggunakannya pada ponsel atau melampirkannya ke pesan MMS. Hanya pesan multimedia yang disimpan pada PC yang dapat dibuka dengan menggunakan Nokia Multimedia Player. Mentransfer pesan multimedia dari ponsel ke PC saat ini tidak didukung dalam Nokia PC Suite. Aplikasi Multimedia Player tidak disertakan dalam Nokia PC Suite Starter Edition. Format daftar putar yang dapat ditampilkan dalam Nokia Multimedia Player adalah .npl dan .m3u.

Image Store[sunting | sunting sumber]

Image Store digunakan untuk menyimpan gambar dan video dari ponsel ke PC. Image Store membantu membuat pengaturan untuk ponsel yang terhubung, menyimpan file dari ponsel ke PC dan menampilkan gambar serta video setelah menyimpan. Image Store akan menjalankan aplikasi penampil untuk melihat file tersebut seperti pada Nokia Multimedia Player, Windows Explorer, Windows Media Player, atau IrfanView, tergantung aplikasi yang ada pada PC. Namun, untuk melihat video tidak dapat dilakukan di Windows Media Player atau IrfanView.

Nokia Music Manager[sunting | sunting sumber]

Nokia Music Manager digunakan untuk membuat, menyalin, mengatur file musik digital pada PC dan mentransfernya ke ponsel serta dapat mengkonversi file musik ke format yang dapat diputar pada ponsel. Nokia Manager dapat juga memutar audio CD, mengatur dan memutar trek musik dalam format MP3, MP4, AAC, M4A, WMA, dan CD audio, serta membuat, mengedit dan memutar daftar putar.

One Touch Access[sunting | sunting sumber]

One Touch Access digunakan untuk menghubungkan PC ke internet dengan menggunakan data paket (dalam jaringan GPRS atau 3G, tergantung kemampuan ponsel dan jaringan). Akses Sekali Sentuh juga dilengkapi wizard pengaturan yang memungkinkan mengkonfigurasikan pengaturan jaringan.

Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Seiring berkembangnya Nokia PC Suite, muncul pula generasi baru software Nokia yang dapat menggantikan generasi sebelumnya, yaitu Nokia Ovi Suite. Perangkat lunak ini tidak hanya dapat dijalankan pada program yang berbasis Windows.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]