Nokia Asha 308 Dual SIM

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Nokia Asha 308
Nokia Asha 308
PembuatNokia
Dimensi109,9 mm H 54 mm W
Berat104 g
Ukuran Layar3 inchi
Resolusi Layar400x240 piksel
Warna Layar65536 warna
Teknologi LayarLCD Transmisif
Resolusi Kamera1600x1200 piksel
Resolusi Video Kamera176x144 piksel
KonektivitasDual SIM
Konektivitas NirkabelBluetooth 3.0
Model BateraiBL-4U
Kapasitas Baterai1110 mAh
Voltase Baterai3,7 V
Standby Time (2G)600 h
Jaringan DataGPRS (2G)

EDGE/EGPRS (2G)

GSM (2G)
MemoriMicroSD
NavigasiNokia Maps
Situs ResmiNokia Indonesia

Nokia Asha 308 adalah telepon seluler dual SIM dengan layar sentuh akurat dan super halus yang merupakan anggota terbaru dari jajaran keluarga ponsel Asha Touch. Nokia Asha 308 secara resmi diperkenalkan pada 25 September 2012 di Jakarta. Nokia Asha 308 dengan dual SIM card memberikan pengguna akses internet lebih cepat melalui layanan Xpress Browser dengan biaya lebih terjangkau. Selain dilengkapi dengan Nokia Xpress Browser, smartphone ini juga menawarkan 40 EA games premium secara gratis, update mudah di jejaring sosial favorit seperti Facebook dan Twitter, layanan Nokia Messaging, dan streaming video melalui browser dari situs seperti YouTube.[1] Slot SIM card pada Nokia Asha 308 yang memungkinkan dapat dicabut-pasang dengan mudah. Nokia Asha 308 memiliki fitur bernama Nokia's Easy Swap yang dimaksudkan untuk mempermudah pengguna dalam memasang kartu SIM kedua tanpa perlu mematikan ponsel terlebih dahulu. Terdapat slot SIM card pada Nokia Asha 308 yang memungkinkan dapat dicabut-pasang dengan mudah. Nokia Asha 308 memiliki fitur bernama Nokia's Easy Swap yang dimaksudkan untuk mempermudah pengguna dalam memasang kartu SIM kedua tanpa perlu mematikan ponsel terlebih dahulu.[2]

Kesan simpel dan menarik langsung terlihat begitu melihat tampilan Nokia Asha 308, layar sentuh yang digunakan berukuran 3 inchi, tipe capacitive yang responsif serta resolusi 240x400 pixel yang sama dengan layar yang digunakan oleh ponsel Nokia seri Asha lainnya. Spesifikasi unggulan lain dari handphone layar sentuh terbaru ini adalah kamera 2 megapixel serta konektivitas yang cukup lengkap hingga fitur multimedia yang cukup apik.[3]

Spesifikasi[sunting | sunting sumber]

Desain[sunting | sunting sumber]

Nokia Asha 308 memiliki desain dengan dimensi tinggi 109,9 mm; lebar 54 mm; tebal 13 mm; berat 104 g; dan volume 67 cm³.[4] Nokia Asha 308 memiliki ukuran layar 3 inchi, resolusi layar-tinggi 400 piksel, resolusi layar-lebar 240 piksel, warna layar 65536 warna, teknologi layar LCD Transmisif, tinggi layar 65 mm, lebar layar 39 mm.[4] Terdapat fitur layar yang terdiri dari Batas waktu lampu, Tanggapan taktil, dan Sensor orientasi. Nokia Asha 308 memiliki teknologi layar sentuh yaitu teknologi sentuhan Multi Titik Kapasitif dengan orientasi layar yaitu Potret. Penggunaan tombol dan metode input yaitu dengan sentuhan dan tombol pengoperasian terdiri dari tombol Kirim, Kunci, dan Tombol kombinasi Akhiri Daya.

Perangkat Keras[sunting | sunting sumber]

Nokia Asha 308 memiliki konektivitas dua SIM. Konektor Nokia Asha 308 ialah Konektor pengisian daya Micro-USB, Micro-USB untuk pembaruan perangkat lunak, Konektor Data Micro-USB, Micro-USB-B, Konektor AV Nokia 3,5 mm, Konektor Pengisian Daya 2,0 mm, Micro-USB 2.0. Konektivitas nirkabel Nokia Asha 308 ialah menggunakan Bluetooth 3.0.[5]

Manajemen daya yang terdapat pada Nokia Asha 308 yaitu model baterai BL-4U, dengan kapasitas baterai 1110mAh; voltase baterai 3,7 V; waktu standby jika pada jaringan 2G yaitu 600 h;[6] waktu bicara 2G maksimal 17 jam;[6] dan waktu pemutaran musik 54 h.[6] Waktu pengoperasian mungkin berbeda-beda, tergantung pada teknologi akses radio yang digunakan, konfigurasi jaringan operator, dan penggunaan.

Jaringan data Nokia Asha 308 yaitu dengan adanya pembawa data seperti GPRS (2G), EDGE/EGPRS (2G), dan GSM (2G). Jaringan ini memerlukan layanan data. Layanan data mungkin tidak tersedia di semua jaringan. Kecepatan pengiriman data dapat mencapai HSDPA 10,2 Mbps, namun mungkin berbeda-beda, tergantung pada kemampuan jaringan dan kondisi lainnya. Pembentukan dan kesinambungan sambungan data tergantung pada ketersediaan jaringan, dukungan operator dan kekuatan sinyal. Memori yang digunakan dalam Nokia Asha 308 yaitu MicroSD. Frekuensi pengoperasian Nokia Asha dengan Band yaitu GSM 850, GSM 900, GSM 1800, GSM 1900. Kecepatan data untuk upload yaitu GPRS MSC 12 - 85.6 KBit/s dan kecepatan data download yaitu EGPRS MSC 12 - 236,8 kbit/d KBit/s.[7]

Perangkat Lunak dan Aplikasi[sunting | sunting sumber]

Nokia Asha 308 dilengkapi dengan fitur produktivitas yang terdiri dari fitur manajemen informasi pribadi seperti Kamus, Jam digital, Perekam, Kalkulator, Jam, Kalender, Buku telepon, Nomor panggil tetap, Catatan, Jam alarm, Pengingat, dan Daftar agenda. Aplikasi lainnya ialah seperti fitur permainan yang dimiliki Nokia Asha 308 yaitu Akselerometer, UI Sentuh, Permainan Java dan juga tersedia 40 game EA (mulai dari blockbuster klasik Tetris hingga balapan kecepatan tinggi Need For Speed). Format grafik Nokia Asha 308 terdiri dari JPEG, DCF, BMP, GIF89a, EXIF, PNG, WBMP, dan GIF87a. Nokia Asha 308 juga memiliki metode pembaruan perangkat lunak bernama Firmware update Over The Air (FOTA). Software platform dan user interface dari Nokia Asha 308 menggunakan Platform PL Series 40 Asha Touch. Nokia Asha 308 juga menyediakan aplikasi lokasi dan navigasi dengan menggunakan bantuan Nokia Maps yang berguna untuk membantu menemukan lokasi tujuan dengan arah belokan demi belokan.

Komunikasi[sunting | sunting sumber]

Dalam hal komunikasi, Nokia Asha 308 memiliki klien email seperti OMA E-mail Notification v1.0, Hotmail, Yahoo! Mail, Nokia Messaging, Gmail, dan E-mail Nokia. Protokol email Nokia Asha 308 terdiri dari SMTP, IMAP4, IMAPS, dan POP3. Nokia Asha 308 memiliki fitur email yang selalu up-to-date, multi akun email sekaligus, lampiran email, pemberitahuan email OMA, dan tampilan lampiran email. Layanan olahpesan cepat yang didukung oleh Google Talk, Twitter, Facebook Chat, MySpace, Windows Live Messenger, dan Nokia Chat.

Fitur olahpesan yang terdapat dalam Nokia Asha 308 yaitu Olahpesan flash, Olahpesan cepat, SMS bersambung untuk pesan yang panjang, Penghapusan multi SMS, Olahpesan teks, Olahpesan gambar, Penyaringan nomor untuk olahpesan, Editor MMS/SMS gabungan, Mengubah ukuran gambar secara otomatis untuk MMS, serta Olahpesan multimedia. Beberapa layanan mungkin hanya tersedia dengan mendownload atau tergantung pasarnya. Hanya perangkat yang menawarkan fitur pesan multimedia kompatibel atau fitur email saja yang dapat menerima dan menampilkan pesan multimedia. Tampilan konten mungkin berbeda-beda. Beberapa gambar dan nada dering tidak dapat diteruskan.

Fitur manajemen panggilan dalam Nokia Asha 308 terdiri dari Jawab otomatis, Panggilan tunggu, Pesan suara, Pengalihan panggilan, Nomor panggil tetap, Speaker bebas genggam terpadu, Pemblokiran panggilan, Penerusan panggilan, dan Log panggilan (keluar, masuk, dan tak terjawab). Terdapat buku telepon yang memiliki kapasitas kontak sebanyak 1000 kontak. Kodek suara pada Nokia Asha ialah GSM FR, AMR-NB, GSM HR, dan EFR.

Keamanan Perangkat[sunting | sunting sumber]

Nokia Asha 308 memiliki fitur keamanan umum berupa penguncian perangkat serta terdapat keamanan menghidupkan perangkat yang terdiri dari Kode akses perangkat dan penggunaan kode PIN.

Fotografi[sunting | sunting sumber]

Kamera utama pada Nokia Asha 308 memiliki resolusi kamera 1600x1200 piksel, jenis fokus kamera yaitu fokus tetap dengan perbesaran digital kamera hingga 4. Nokia Asha 308 memiliki jarak fokus kamera 3,6 mm dan jarak fokus minimal kamera sebesar 60 cm dengan format foto kamera JPEG atau EXIF.

Fitur kamera utama lainnya pada Nokia Asha 308 terdiri dari Orientasi lanskap, Kompensasi eksposur, Keseimbangan putih manual dan otomatis, Editor foto, Jendela bidik layar penuh, Timer otomatis, dan Eksposur otomatis imbang tengah. Pada pengambilan gambar, terdapat modus pemotretan (Timer otomatis, Video, dan Diam), Modus nuansa warna (Sepia, Abu-abu, Normal, dan Negatif) serta Modus keseimbangan putih (Lampu Neon, Siang, Otomatis, Bola Lampu). Foto dalam Nokia Asha 308 ditampilkan menurut Editor foto, Tayangan slide, dan Album.

Musik dan Audio[sunting | sunting sumber]

Nokia Asha 308 dilengkapi dengan dukungan DRM yang terdiri dari OMA DRM 1, OMA DRM 2, dan Video OMA DRM 2. Fitur lainnya yang terdapat pada Musik dan Audio yaitu Pilihan menurut artis, album dan genre; Daftar putar; dan Tampilan grafis untuk album. Fitur musik Nokia Asha 308 terdiri dari Pemutar Musik, Pemutar Media, Kenyaringan, Streaming Audio, dan Ekualiser Audio.

Nokia Asha 308 juga dapat merekam suara dan audio dengan format file perekaman audio AMR. Kodek perekaman audionya terdiri dari AMR-NB, dan fitur perekaman audio Mono. Format musik Nokia Asha 308 ialah seperti Kodek yang terdiri dari MP3, G.729, LPCM, AMR-NB, MIDI, WMA 10 Pro, GSM FR, WMA 9, a-law, NRT, G.711, SP-MIDI, Mobile XMF, AAC LTP, WMA 10, AAC LC, mu-law, AAC+/HEAAC, dan eAAC+/HEAACv2. Format file pemutaran audio terdiri dari MF, ASF, WAV, MXMF, MP4, AAC, AMR, MP3, AWB, M4V, M4A, AVI, NRT, WMA, 3GP, 3G2, MIDI, dan WMV.[8] Fitur radio terdiri dari Radio FM stereo, Perekaman radio, dan Radio FM.

Video[sunting | sunting sumber]

Kamera video utama pada Nokia Asha 308 memiliki resolusi video kamera 176x144 piksel,[9] laju bingkai video kamera 10 fps, perbesaran video kamera hingga 4x dan dengan laju bingkai pemutaran video 15 fps. Modus keseimbangan putih video terdiri dari Lampu Neon, Otomatis, Siang, dan Bola Lampu.

Fitur kamera video utama yaitu fitur video seperti perekam video, streaming video seperti download video progresif, dan fitur perekaman video seperti perbesaran video serta dapat memutar dan berbagi video ke YouTube.[9]

Lingkungan[sunting | sunting sumber]

Fitur lingkungan dari Nokia Asha 308 adalah dengan memakai bahan Bebas BFR dan rFR, sebagaimana dalam Daftar Unsur Nokia, Bebas PVC, dan Bebas nikel pada permukaan produk. Dalam segi efisiensi energi terdapat Pengingat cabut pengisi daya dan Pengisi daya hemat energi. Produk dapat didaur ulang hingga 100% dapat dipulihkan sebagai bahan dan energi. Dalam Panduan pengguna, dicetak dengan pencetakan hitam-putih. Kemasan Nokia Asha 308 terbuat dari bahan yang dapat didaur ulang, mengandung bahan daur ulang hingga 60%, kemasan minimal, dan kemasan dapat didaur ulang hingga 100%.

Aksesori[sunting | sunting sumber]

Aksesori tambahan yang disarankan untuk Nokia Asha 308 Dual SIM, yaitu:

  • Nokia Universal Portable USB Charger DC-16. Nokia Universal Portable USB Charger DC-16 dapat mengisi daya dengan cepat. Memberikan pengisian daya hingga penuh untuk perangkat yang kompatibel. Ukuran Nokia Universal Portable USB Charger DC-16 yang kecil sesuai untuk disimpan di saku atau tas. Terdapat LED yang dapat memberi tahu kepada pengguna bila siap. Nokia Universal Portable USB Charger DC-16 dapat menyimpan daya lebih dari tiga bulan.
  • Nokia Bluetooth Headset BH-112, merupakan headset nirkabel Nokia.
  • Nokia Universal Carrying Case CP-557, berguna untuk melindungi ponsel dengan kantong lembut.
  • Nokia Mini Speaker MD-11, berguna untuk menyambungkan ponsel dengan speaker untuk memutar musik dan radio.
  • Nokia 8 GB microSDHC Card MU-43, berguna untuk meningkatkan kapasitas ponsel pengguna untuk musik, foto, permainan, data, aplikasi, dan lainnya.[10]

Kelebihan[sunting | sunting sumber]

Kelebihan Nokia Asha 308, terdiri dari:

  • Terdapat fitur dual SIM card,
  • Memiliki model yang modern yaitu dengan layar sentuh,
  • Terdapat dukungan banyak game di store hingga tersedia kurang lebih 40 EA Games yang bisa didapatkan secara gratis,
  • Terdapat fitur multimedia video dan musik dengan kualitas baik,
  • Adanya smarter internet, yang menawarkan internet berkecepatan tinggi, lebih irit dalam konsusmsi data karena Nokia membenamkan teknologi kompresi data. Hal ini akan membuat konsumsi daya baterai juga lebih irit,[11]
  • Nokia Maps di Asha yang bisa diunduh secara gratis. Nokia secara rutin memperbaharui peta tersebut untuk menjaga keakuratannya sebab tiap hari bisa saja ada perubahan jalan atau penambahan objek-objek tertentu di sebuah lokasi.[11]

Kelemahan[sunting | sunting sumber]

Kelemahan Nokia Asha 308 terletak pada tidak adanya flash kamera, koneksi internet yang belum 3G serta tidak adanya fitur Wifi yang biasanya terdapat pada Nokia seri Asha[butuh rujukan].

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]