Night at the Museum: Battle of the Smithsonian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Night at the Museum: Battle of the Smithsonian
Night at the Museum 2 poster.jpg
Theatrical poster
Sutradara Shawn Levy
Produser Shawn Levy
Chris Columbus
Michael Barnathan
Penulis Skenario:
Thomas Lennon
Cerita:
Robert Ben Garant
Buku:
Milan Trenc
Pemeran Ben Stiller
Amy Adams
Owen Wilson
Hank Azaria
Christopher Guest
Alain Chabat
Robin Williams
Musik Alan Silvestri
Sinematografi Guillermo Navarro
Penyunting Don Zimmerman
Studio 21 Laps Entertainment
1492 Pictures
Distributor 20th Century Fox
Tanggal rilis 22 Mei 2009
Durasi 105 menit
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $125 juta
Pendapatan kotor $120,152,004
Didahului oleh Night at the Museum
(2006)
Diikuti oleh Night at the Museum 3: History Repeats Itself

Night at the Museum: Battle of the Smithsonian merupakan sebuah film Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 2009. Film yang disutradarai oleh Shawn Levy ini pemainnya antara lain ialah Ben Stiller, Amy Adams, Owen Wilson, Hank Azaria, Christopher Guest, Alain Chabat, dan Robin Williams.

Tanggal rilisnya pada 22 Mei 2009.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Sejak hasil temuannya dipatenkan, Larry Daley (Ben Stiller) berhasil mendapat banyak uang dan memutuskan untuk pensiun dari pekerjaannya sebagai penjaga museum. Namun ketika American Museum of Natural History direnovasi dan seluruh isi museum ini dipindahkan ke Smithsonian Institution di Washington Larry tak punya pilihan lain selain menyusul ke Washington.

Larry khawatir kalau 'kejadian buruk' yang sempat menimpanya sebelum berhenti menjadi petugas keamanan akan terulang lagi dan sepertinya kekhawatiran Larry ini beralasan. Seperti kasus yang terjadi sebelumnya, Larry kembali harus berurusan dengan benda-benda museum yang tiba-tiba bangkit dan mengacaukan seluruh isi museum. Kali ini yang jadi penyebab masalah adalah Kahmunrah (Hank Azaria), firaun jahat yang bermaksud membangkitkan seluruh isi museum.

Terpaksa Larry harus berhadapan dengan seluruh tokoh sejarah yang peninggalannya tersimpan di dalam Smithsonian. Ini bukanlah pekerjaan mudah karena Smithsonian memiliki koleksi 136 juta barang dari masa lalu. Bayangkan betapa kacaunya ketika Amelia Earhart, Al Capone, Theodore Roosevelt, Napoleon Bonaparte, Albert Einstein, Charles Darwin hingga Attila the Hun semuanya bangkit dari kubur.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]