New Light of Myanmar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
New Light of Myanmar
TipeSurat kabar harian
FormatBerliner
PemilikPemerintah
Didirikan1914
BahasaBurma, Inggris
PusatNo 22/30, Strand Rd., 43rd. St.,
Yangon, Myanmar.
Sirkulasi surat kabar10.000+[1]
Situs webwww.myanmar.com/newspapers/the-new-light-of-myanmar.html

The New Light of Myanmar (Burma: မြန်မာ့အလင်း; MLCTS: mran ma. a. lang:, IPA: [mjànma̰ álín]; dulunya The New Light of Burma) adalah sebuah surat kabar milik pemerintah yang diterbitkan oleh Kementerian Informasi dan berbasis di Yangon, Myanmar.

Surat kabar tersebut didirikan pada 1914, mula-mula sebagai majalah sebelum dijadikan surat kabar. Surat kabar tersebut adalah surat kabar dengan peredaran terlama di Myanmar. Surat kabar tersebut dinasionalisasikan pada 1969. Pada 1993, Working People's Daily (လုပ်သားပြည်သူနေ့စဉ်), sebuah surat kabar yang dijalankan negara dan mula-mula muncul pada 1963, berganti nama menjadi 1963, berganti nama menjadi New Light of Myanmar pada 1989. Surat kabar tersebut dicetak setiap hari dalam bahasa Inggris dan bahasa Burma, dan dicetak dalam format Berliner (17 in × 11.5 in).

The New Light of Myanmar seringkali dipandang sebagai propaganda dari Tatmadaw dan pemerintah, dan menampilkan banyak artikel tentang perwira militer. Mayoritas artikel berita domestik datang dari Badan Berita Myanmar yang dijalankan negara, sementara kebanyakan artikel mancanegara datang dari laynan berita, terutama Reuters, yang diterbitkan usai disaring oleh Badan Berita Myanmar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Banerjee, I. & Logan, S. Asian Communication Handbook 2008. AMIC, 2008. ISBN 978-981-4136-10-5.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Templat:Myanmar-newspaper-stub