New Lanark

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
New Lanark
New Lanark village.jpg
Situs Warisan Dunia UNESCO
Negara  Britania Raya
Tipe Budaya
Kriteria ii, iv, vi
Nomor identifikasi 429
Kawasan UNESCO Eropa dan Amerika Utara
Tahun pengukuhan 2001 (sesi Ke-25)

New Lanark adalah sebuah desa di Sungai Clyde, sekitar 1,4 mil (2,2 kilometer) dari Lanark, di Selatan Lanarkshire, dan sekitar 40 km sebelah tenggara dari Glasgow, Skotlandia. Didirikan pada 1786 oleh David Dale, yang membangun pabrik kapas dan perumahan bagi para pekerja pabrik. Dale membangun pabrik di sana bersama dengan mitranya yaitu seorang pengusaha Inggris Richard Arkwright untuk mengambil keuntungan dari kekuatan air yang dibuat oleh air terjun di Sungai Clyde. Di bawah kepemilikan sebuah kemitraan yang melibatkan Putra Iparnya Dale, Robert Owen, seorang dermawan Welsh dan reformis sosial, New Lanark menjadi bisnis yang sukses dan lambang sosialisme utopis serta sebuah contoh awal dari sebuah pemukiman yang direncanakan dan sebuah tonggak penting dalam sejarah perkembangan perencanaan kota.

Pabrik New Lanark beroperasi sampai 1968. Setelah itu New lanark dikelola oleh, New Lanark Conservation Trust (NLCT) didirikan pada 1974 (sekarang dikenal sebagai New Lanark Trust (KSI)) untuk mencegah penggusuran desa. Pada tahun 2006 sebagian besar bangunan telah dipugar dan desa menjadi obyek wisata utama di Skotlandia.

Pada Tahun 2001 tempat ini terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO di Skotlandia dan Anchor Point dari ERIH - Rute Warisan Industri Eropa.

Referensi[sunting | sunting sumber]