Nawagunjara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Nawagunjara

Nawagunjara atau Nabagunjara[1] (Dewanagari: नवगुंजर; ,IASTNavaguṅjara, नवगुंजर) adalah makhluk dalam mitologi Hindu yang terbentuk dari sembilan bagian tubuh makhluk yang berbeda-beda. Makhluk ini menjadi ragam hias yang lazim dalam lukisan bergaya Pata-Chitra, di negara bagian Odisha, India.

Menurut keyakinan Hindu, makhluk tersebut dianggap sebagai wujud astral dari Dewa Wisnu, atau Kresna yang diyakini sebagai awatara Wisnu. Makhluk itu diyakini sebagai varian dari wujud Wiswarupa Kresna, yang ditunjukkan olehnya kepada Arjuna, sebagaimana yang tertulis dalam Bhagawadgita, bagian dari wiracarita Mahabharata.[2]

Dalam sastra[sunting | sunting sumber]

Dalam salah satu versi Mahabharata yang ditulis ulang oleh penyair Odia bernama Sarala Dasa, tercatat legenda Nawagunjara; kisah ini tidak terdapat dalam versi Mahabharata lainnya. Diceritakan bahwa ketika Arjuna melakukan tapa di atas sebuah bukit, Kresna (Wisnu) muncul di hadapannya dalam wujud Nawagunjara. Nawagunjara memiliki kepala ayam, berkaki tiga dengan bentuk kaki gajah, macan, dan rusa atau kuda; anggota badan yang keempat berbentuk lengan manusia sedang membawa teratai atau cakram. Makhluk tersebut memiliki leher merak, punggung atau punuk banteng dan pinggang singa, ekornya berbentuk ular. Pada awalnya, Arjuna merasa ngeri sekaligus takjub dengan penampakan makhluk tersebut, lalu mengangkat busur panahnya untuk menyerang makhluk itu. Akhirnya Arjuna menyadari bahwa Nawagunjara adalah perwujudan dari Wisnu, lalu ia menjatuhkan senjatanya, dan bersujud di hadapan Nawagunjara.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Chaudhury, Swaati (May 4, 2014). "Odissi fabric with a spiritual touch". Deccan Herald. 
  2. ^ Cesarone, Bernard (2001). "Pata-Chitras of Orissa: An Illustration of Some Common Themes". journal. /www.asianart.com. Diakses tanggal 2008-10-12. 
  3. ^ Pattanaik, Devdutt (2003). Indian Mythology: Tales, Symbols, and Rituals from the Heart of the Subcontinent. Inner Traditions / Bear & Company. hlm. 19, 21. ISBN 9780892818709.