Natural Energy Laboratory of Hawaii

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Natural Energy Laboratory of Hawaii Authority adalah fasilitas pelatihan dan penelitian yang didirikan pada tahun 1974 untuk penelitian energi terbarukan konversi energi termal lautan (OTEC) dan budidaya perairan. Fasilitas ini akan ditambahkan untuk penelitian energi surya. Fasilitas ini berlokasi di Keahole Point di distrik Kona.

Laboratorium itu didirikan pada tahun 1974 di atas tanah seluas 345 acre, bekerja sama dengan University of Hawaii. Saluran pipa besar memompa air laut yang dingin di kedalaman 3000 kaki. Selama 3 bulan pada tahun 1979, sejumlah kecil energi listrik telah dihasilkan. Pembangkit yang lebih besar dibangun dan menghabiskan 250 miliar dollar, namun pada tahun 1991, penelitian dialihkan ke tempat lain. Science and Technology Park disatukan dengan fasilitas itu, menambah luas area tersebut menjadi 877 acre. Detektor neutrino dibangun secara bertahap pada tahun 1990 dengan nama proyek DUMAND.

Pada tahun 2002, 50 acre dijual kepada perusahaan komersil yang menyaring dan mengemas air untuk dijual di Jepang. Saluran pipa rusak karena gempa bumi 15 Oktober 2006, namun satu dari tiga pipa telah diperbaiki dua tahun kemudian. Makai Ocean Engineering, bekerja sama dengan Lockheed Martin, memulai kembali penelitian OTEC. Budidaya perairan, biofuel dari alga, energi surya, pemusat cahaya matahari, dan energi angin adalah beberapa dari 40 proyek yang dikerjakan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]