Distrik Kona

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kona adalah nama distrik dari pulau utama Hawai'i di negara bagian Hawaii. Dalam sistem pemerintahan yang saat ini berlaku di Hawaii, distrik Kona terbagi menjadi Distrik Kona Utara (Kona 'Akau) dan Distrik Kona Selatan (Kona Hema). Kata Kona merujuk pada kota terbesar di distrik ini, Kailua-Kona. Kota lainnya di distrik Kona yaitu Kealakekua, Keauhou, Holualoa, Hōnaunau, dan Honalo.

Dalam bahasa Hawaii, kona berarti sisi kering dari pulau, berlawanan dengan ko'olau yang berarti sisi basah dari pulau. Di masa Hawaii kuno, Kona adalah nama daerah kering. Di Hawai'i, antisiklon pasifik menyediakan kelembaban di bagian timur laut kepulauan Hawaii, menghasilkan hujan ketika angin bersentuhan dengan angin darat dari kepulauan. Angin lalu kehilangan kelembabannya dan menuju ke daerah yang sekarang disebut Kona. Ketika pola ini dibalik, terbentuk badai Kona di sebelah barat.

Lereng vulkanik dari Hualalai dan Mauna Loa di distrik Kona menyediakan iklim mikro yang ideal untuk menanam kopi. Kopi Kona dinilai sebagai kopi kelas premium di seluruh dunia.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]