Nama Asia Tenggara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Ada beragam nama yang diberikan untuk wilayah Asia Tenggara (termasuk di dalamnya Semenanjung Malaya, Thailand, Indocina, serta Kepulauan Indonesia)

Jawa[sunting | sunting sumber]

Lihat pula: Jawa (nama)

Sebutan Jawa (Arab: ‫جاوة‬), dan berbagai variasinya Jawi, Jaba merupakan nama yang umum diberikan di negeri-negeri Arab baik untuk wilayah Asia Tenggara maupun orang-orangnya. Istilah Jawi kemudian menjadi sebutan lain huruf Arab yang disesuaikan untuk Bahasa Melayu (huruf Jawi).

Nanyang[sunting | sunting sumber]

Nanyang (Cina: 南洋; pinyin: nányáng) merupakan sebutan yang digunakan oleh orang-orang Cina maupun keturunan Tionghoa untuk wilayah Asia Tenggara, terutama di Singapura dan Malaysia. Nanyang berarti 'Laut Selatan'.

Negeri Bawah Angin[sunting | sunting sumber]

Penggunaan istilah negeri bawah angin dapat ditemukan pada naskah Hikayat Raja-raja Pasai dan Sejarah Melayu untuk merujuk kepada wilayah Asia Tenggara, dari Sumatera Utara sampai Maluku. Sebutan ini juga digunakan dalam surat dari raja Ternate Sultan Said pada tahun 1599. Dalam izin yang diberikan raja Aceh kepada kapten kapal Inggris disebutkan juga istilah ini: Aku raja yang kuasa di-bawah angin ini yang memegang takhta kerajaan negeri Aceh dan negeri Sammudara dan segala negeri yang ta`alluq ke negeri itu.

Nusantara[sunting | sunting sumber]

Nusantara berasal dari bahasa Jawa Kuna yang berarti pulau-pulau lain. Dalam penggunaan modern di Malaysia kata Nusantara biasa dipakai untuk merujuk wilayah Asia Tenggara, terutama negara-negara Indonesia, Malaysia, Singapura dan Brunei. Di Indonesia, kata Nusantara hanya dipakai sebagai sebutan lain negara ini.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]