NASDA

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Badan Pengembangan Antariksa Nasional (宇宙 開 発 事業 団 , Uchū Kaihatsu Jigyōdan) dari Jepang, atau NASDA adalah badan antariksa nasional Jepang yang didirikan pada 1 Oktober 1969 di bawah Undang-Undang Badan Pengembangan Antariksa Nasional hanya untuk tujuan damai. Berdasarkan Program Pengembangan Ruang Angkasa yang ditetapkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains, dan Teknologi (MEXT). NASDA bertanggung jawab untuk mengembangkan satelit dan meluncurkan kendaraan serta meluncurkan dan melacak mereka.

Hideo Shima, chief engineer dari proyek "kereta peluru" asli Shinkansen, menjabat sebagai Kepala NASDA dari tahun 1969 hingga 1977.

Pada 1 Oktober 2003, NASDA bergabung dengan Institute of Space and Astronautical Science (ISAS) dan Laboratorium Dirgantara Nasional Jepang (NAL) menjadi satu Lembaga Administrasi Independen; Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang (JAXA).

SL-J sebagian didanai oleh Jepang melalui NASDA; misi Jepang-Amerika yang kooperatif ini meluncurkan astronaut NASDA ke orbit bumi menggunakan Space Shuttle pada tahun 1992.

Bekerja pada Modul Eksperimen Jepang di ISS, dan juga HOPE-X, dimulai di bawah NASDA dan diwarisi oleh JAXA.[1].

  1. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-05-27. Diakses tanggal 2020-01-14.