Museum Paleozoologi Tiongkok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Museum Paleozoologi Tiongkok
Peta
Nama lama
Museum Paleoanthropologi Shu-hua, Museum Paleontologi Vertebrata
Didirikan1929
LokasiJalan Xi-Zhi-Men-Wai 142, Beijing 100044, Tiongkok
JenisMuseum Paleozoologi Museum
DirekturWang Yuan
Situs webwww.paleozoo.cn

Museum Paleozoologi Tiongkok (MPT) (Hanzi: 中国古动物馆) adalah museum sekaligus Institut Paleontologi Vertebrata dan Paleoanthropologi (IPVP) dari Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok yang berada di Beijing, Tiongkok. MPT berisi ruang pameran dengan spesimen yang dipajang untuk umum, sedangkan sisanya digunakan untuk penelitian.[1]

Bangunan[sunting | sunting sumber]

Bangunan utama terdiri dari tiga lantai, lantai dasar menampilkan sejumlah fosil ikan dan amfibi, bersama dengan reptil zaman Mesozoikum, untuk reptil lainnya dan burung berada di lantai dua, sedangkan mamalia (termasuk megafauna seperti Stegodon) ditempatkan di lantai tiga.[2] Banyak spesimen fosil yang dipamerkan adalah contoh-contoh binatang yang sudah punah seperti Sinokannemeyeria. MPT juga memiliki beberapa spesimen perintis evolusi burung, termasuk holotipe dari Confuciusornis dan Microraptor yang digali dalam ekspedisi lapangan di Liaoning[3] Galeri yang bersebelahan dengan lantai utama menampilkan asal-usul manusia, termasuk informasi tentang Manusia Peking (spesimen Homo erectus) yang ditemukan di dekat Zhoukoudian (Choukoutien) selama penggalian pada 1923-27. Selain itu juga dipamerkan sejumlah perkakas batu yang digunakan oleh manusia zaman paleolitikum, fosil tengkorak hominid awal yang pernah mendiami daerah tersebut dan contoh-contoh lainnya. Terdapat pula ruang untuk pameran sementara khusus. MPT direnovasi pada 2014.

Lantai Dasar[sunting | sunting sumber]

Lantai pertama Museum Paleozoologi Tiongkok.
Lantai dasar dilihat dari lantai dua.

Lantai dasar MPT berisi ruang untuk pameran temporer, toko suvenir, teater dan ruang pameran untuk sub-museum IPVP yang dinamakan Museum Paleoanthropologi Shu-hua yang menampilkan asal usul manusia di Tiongkok. Beberapa tengkorak hominidae awal yang ditemukan di Zhoukoudian dan patung perunggu Manusia Peking juga ditampilkan. Diorama kecil Homo erectus yang sedang membuat api dipamerkan dalam wadah kaca.

Museum Paleontologi Vertebrata[sunting | sunting sumber]

TGaleri Kenozoikum di lantai tiga.

Lantai dasar berfokus pada ikan, amfibi dan reptil Mesozoikum. Bagian tengah lantai dasar menampilkan Tsintaosaurus, Mamenchisaurus, Tyrannosaurus dan Monolophosaurus sedang memangsa Tuojiangosaurus. Di dekat pintu masuk terdapat koleksi fosil Cambrian dari Tiongkok Selatan dan model kepala Dunkleosteus yang sudah tersusun. Lebih jauh masuk ke dalam galeri, terdapat genus ikan Latimeria yang termasuk ordo coelacanth dari Afrika Selatan yang telah diawetkan bersama dengan fosil ikan prasejarah seperti Sinohelicoprion dan Helicoprion yang dipamerkan dalam wadah kaca. Di sudut lain, fokus pada koleksi burung-burung prasejarah. Spesimen holotipe Microraptor dipasang di dinding dan beberapa spesimen pterosaurus dipajang bersama dengan spesimen yang tidak utuh dari reptil lain seperti Hyphalosaurus. Di lantai dua, sepenuhnya berfokus pada kehidupan Mesozoikum, dimulai dengan Sinokannemeyeria yang ditempatkan di sebelah dicynodont lainnya seperti Lystrosaurus, kemudian berfokus pada berbagai dinosaurus di antaranya Archaeornithomimus, Probactrosaurus dan harta karun milik museum IPVP berupa kerangka Lufengosaurus, fosil dinosaurus pertama yang ditemukan di Tiongkok. Di dalam kotak kaca dipamerkan fosil Mamenchisaurus dan Tienshanosaurus. Lebih jauh di lantai dua, terdapat bagian yang didedikasikan untuk telur dinosaurus dan banyak fosil dengan bulu-bulu yang diawetkan dari Liaoning, termasuk fosil komposit yang disebut "Archaeoraptor". Selain itu, di lantai ini juga terdapat Shansisuchus bersama dengan tengkorak dan leher Vjushkovisaurus. Lantai tiga berfokus pada mamalia Kenozoikum seperti Stegodon, Platybelodon, Rhinotitan bersama dengan tengkorak mamut berbulu yang ditempatkan di tengah.

Koleksi[sunting | sunting sumber]

Koleksi MPT dianggap penting karena mengandung banyak holotipe yang digunakan dalam jurnal ilmiah untuk menggambarkan sejumlah garis makhluk purba unik khas Tiongkok yang sudah punah. MPT memiliki fasilitas penelitian aktif dan personelnya termasuk ahli paleontologi Tiongkok terkenal Xu Xing yang telah memberi nama dan banyak menjabarkan tentang dinosaurus serta fosil hewan lainnya, beberapa contohnya juga di dipajang di museum ini.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://english.cas.ac.cn/eng2003/dmk01a/pdf/11/Institute%20of%20Vertebrate%20Paleontology%20and%20Paleoanthropology.pdf [pranala nonaktif permanen] Institute of Vertebrate Paleontology and Paleoanthropology, last visited July 10, 2008
  2. ^ http://www.china.org.cn/english/travel/164852.htm Paleozoological Museum of China, last visited July 9, 2008
  3. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-02-15. Diakses tanggal 2008-07-11.  Sebuah Studi Komprehensif tentang Vertebrata Biota Jehol di Provinsi Liaoning Barat, terakhir diadakan pada 10 Juli 2008.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 39°56′11″N 116°19′40″E / 39.93639°N 116.32778°E / 39.93639; 116.32778