Museum Nasional Lviv Andrey Sheptytsky

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Museum Nasional Lviv
Національний музей у Львові імені Андрея Шептицького
Peta
Didirikan1905
LokasiLviv
PendiriAndrey Sheptytsky
Situs webnml.com.ua/en

Museum Nasional Lviv Andrey Sheptytsky ( Ukraina: Національний музей у Львові імені Андрея Шептицького) adalah salah satu museum terbesar di Ukraina, didedikasikan untuk budaya Ukraina dalam semua manifestasinya. Museum ini didirikan oleh Uskup Agung Metropolitan Andrey Sheptytsky pada 1905 dan pada awalnya dikenal sebagai Museum Gerejawi Lwow. Saat ini museum tetap menggunakan nama Sheptytsky.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pendiri museum menyumbangkan sekitar 10.000 barang ke museum dan mengumpulkan dana yang diperlukan untuk pemeliharaannya. Sebuah vila bergaya Neo-Baroque yang mewah digunakan untuk menampung koleksi.

Setelah Perang Dunia II, museum ini berganti nama menjadi Museum Seni Ukraina Lviv. Koleksinya pun bertambah berupa sejumlah koleksi yang disita dari museum Lviv lainnya. Pada akhir abad ke-20, koleksi lukisan dan kesenian rakyat Ukraina di museum ini adalah yang terbesar di negara tersebut.

Museum Nasional sekarang menempati gedung berornamen bekas Museum Industri Lviv, yang menjadi tempat Museum Lenin pada zaman Soviet. Sekelompok rumah peringatan dan Museum Sokalshchina di Chervonohrad berafiliasi dengan Museum Nasional.

Selama Invasi Rusia ke Ukraina 2022, beberapa koleksi dihapus dari pameran demi keamanan; mereka termasuk lukisanostasis Bohorodchany.[1][2] Kurator buku dan manuskrip, Anna Naurobska, menggambarkan pentingnya koleksi tersebut, sebagai: “Ini adalah kisah kami; inilah hidup kita. Ini sangat penting bagi kami.”[3]

Koleksi[sunting | sunting sumber]

Saat ini koleksi museum berisi lebih dari 100.000 item, yang memuat tradisi perkembangan seni dan budaya nasional Ukraina yang berusia berabad-abad. Museum ini memiliki empat ruang pamer yaitu : "Seni Ukraina Kuno"; "Seni dari abad XIX hingga awal abad XX"; "Seni Ukraina Abad XX"; "Kesenian Rakyat", dengan 1.800 item yang dipamerkan.[2]

Museum ini menawarkan koleksi seni sakral Ukraina abad pertengahan terbesar dan termegah dari abad XII-XVIII, termasuk 4000 lukisan, patung, manuskrip (termasuk Injil Horodyshche atau Buchach), dan lainnya. Yang paling banyak diwakili dalam koleksi museum adalah lukisan dari abad XIV-XVIII, terutama dari Ukraina Barat. Diketahui bahwa Illarion Swiecki datang ke desa Mshanets, Boykiv, untuk secara pribadi membawa beberapa lukisan tua dari Gereja Kelahiran Perawan Terberkati ke museum.

Periode Renaisans dan periode barok di Ukraina diwakili oleh karya Ivan Rutkovych (seniman Zhovkva abad ke-17) dan Jov Kondzelevich (seniman Bogorodchansky, 1698–1705).[2]

Museum ini juga memiliki koleksi manuskrip Ukraina yang berharga dari abad XVII-XVIII (sekitar 1000 buah).[4]

Museum ini juga memiliki lukisan karya seniman seperti Johann Georg Pinsel, Ivan Rutkovych, Serhii Vasylkivsky, Antin Manastyrsky, Ivan Trush, Olena Kulchytska, Mykhailo Boychuk, Jakiw Hnizdowskyj, Oleksa Hryshchenko, Liuboslav Hutsaliuk, Vasyl Krychevsky, Michał Filewicz, Józefat Ignacy, Pukasiewicz Ilyich Bilan, Oleksa Novakivskyi, Ivan Trush, Oleksandr Murashko dan Taras Shevchenko dan lainnya.

Museum Nasional Lviv juga memiliki sejumlah manuskrip penting, beberapa di antaranya sangat langka seperti publikasi Cracow oleh Schweipolt Fiol (1491-1493), cetakan Praha dan Wina oleh Francysk Skaryna, dan hampir semua publikasi Ivan Fedorov .

Yayasan[sunting | sunting sumber]

Yayasan Ilmiah dan Artistik dari uskup metropolitan Andrey Sheptytsky .

Galeri beberapa karya yang dipajang[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Under threat of Russian bombs, Lviv hides away its priceless heritage". BBC News (dalam bahasa Inggris). 2022-03-12. Diakses tanggal 2022-03-13. 
  2. ^ a b c Hammer, Joshua (5 May 2022). "The Race to Save Ukraine's Sacred Art". Smithsonian Magazine. Smithsonian Institution. Diakses tanggal 8 May 2022. 
  3. ^ "At Ukraine's largest art museum, a race to protect heritage". uk.sports.yahoo.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-06. 
  4. ^ Lvivbest.com Error in webarchive template: Check |url= value. Empty., Retrieved on June 13, 2008