Museum Jam Jerman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pintu masuk utama.

Museum Jam Jerman (MJJ)[1] (dalam Jerman: Deutsches Uhrenmuseum) terletak di dekat pusat kota praja Hutan Hitam, Furtwangen im Schwarzwald yang merupakan pusat sejarah perajin jam. Selain menjadi bagian dari perguruan tinggi teknik lokal (Hochschule Furtwangen), MJJ juga menampilkan pameran baik sementara maupun permanen tentang sejarah pembuatan jam.

Spesialisasi MJJ adalah dalam bidang sejarah perangkat pencatat waktu dengan fokus utamanya pada perajin jam di Hutan Hitam, baik industri rumahan maupun skala industri. MJJ memiliki banyak koleksi jam dan artefak lain yang berkaitan dengan horologi bukan hanya dari Hutan Hitam, tetapi juga jam dan arloji dari seluruh dunia mulai dari zaman prasejarah hingga sekarang. Koleksinya termasuk jam kukuk di masa awalnya pada abad ke-18 serta prototipe jam suvenir modern khas Hutan Hitam. Jam hasil karya Robert Gerwig menjadi dasar utama MJJ.

Sepertiga dari pengunjung mengikuti tur pribadi berpemandu interaktif yang menampilkan koleksi jam dengan diiringi suara alat musik. Anak-anak sekolah terutama selama masa liburan, dapat langsung membuat dan menghias jam di "lokakarya jam" yang sudah disediakan. Untuk kelas sekolah, MJJ menawarkan lokakarya yang dirancang agar sesuai dengan silabus pendidikan. Koleksi MJJ terdiri dari 8.000 jenis jam dan sekitar 1.300 di antaranya ditampilkan secara permanen. Selain berbagai model jam, koleksi MJJ juga meliputi arsip dokumen perusahaan dan perpustakaan spesialis sastra berbahasa Jerman.

Tur berpemandu interaktif.

Pada 2006, MJJ menjadi salah satu dari 365 tempat yang dipilih untuk mewakili Jerman dalam kompetisi kanselir federal bertajuk Tanah Gagasan. Pada 2008, MJJ dianugerahi penghargaan karena dianggap sebagai "pusat penyambung rute warisan industri Eropa". Pada saat yang sama, MJJ menjadi tonggak sejarah Jalan Jam Jerman yang menghubungkan tempat-tempat di kawasan yang terkait dengan para perajin jam.

Pada 2010, MJJ dikunjungi oleh 60.000 pengunjung.

Pameran jam Hutan Hitam dan jam menara.

Pameran[sunting | sunting sumber]

Sejak 2010, MJJ mengadakan pameran permanen yang meliputi area seluas 1.400 m² dengan tema pengembangan dan konsep pembuatan jam di negara-negara Barat. Selain peningkatan keakuratan sebuah jam, MJJ juga menunjukkan berbagai persyaratan yang harus dipenuhi oleh jam dan arloji sebagai alat penunjuk waktu. MJJ menampilkan benda-benda yang meskipun harganya tidak terlalu mahal, tetapi secara historis sangat penting. Hal ini yang membedakan MJJ dengan tempat koleksi jam lainnya yang menampilkan berbagai jenis jam yang agak langka dengan harga yang mahal.

Tur melingkar dibagi menjadi beberapa bagian yang mencakup tema-tema berikut: Sejarah Pembuatan Jam hingga menjadi Industri; Jam Hutan Hitam; Jam tangan dan Jam saku; Zaman modern dan Alat musik mekanik.

Koleksi jam kayu dari Hutan Hitam[sunting | sunting sumber]

Produk industri jam[sunting | sunting sumber]

Jam saku[sunting | sunting sumber]

Catatan dan referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ German Clock Museum at deutsches-uhrenmuseum.de. Accessed on 31 Mar 11.