Murai india

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Murai india
Copsychus fulicatus

Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22710023
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliMuscicapidae
GenusCopsychus
SpesiesCopsychus fulicatus
(Linnaeus, 1766)
Tata nama
Sinonim takson
  • Motacilla fulicata[1][2]
  • Saxicoloides fulicata
  • Thamnobia cambaiensis
  • Thamnobia fulicata
  • Sylvia ptymatura[3]
ProtonimMotacilla fulicata

Murai india (Copsychus fulicatus[note 1]) adalah spesies burung dalam keluarga Muscicapidae. Burung ini meluas di anak-benua India, dan berkisar di Bangladesh, Bhutan, India, Nepal, Pakistan, dan Sri Lanka. Burung jantan dari populasi di bagian utara memiliki corak berwarna coklat di belakang dan semakin ke arah semenanjung selatan warna coklat tersebut semakin memudar bahkan hilang dan menjadi warna hitam di bagian belakangnya. Mereka biasanya ditemukan di daerah semak yang terbuka dan sering terlihat berjalan di tanah atau bertengger di semak berduri rendah dan batu. Ekornyu yang panjang biasanya terangkat dan tertutup bulu berwarna coklat kemerahan serta tubuhnya yang gelap membuat mereka mudah dibedakan dari decu belang dan murai kampung.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rasmussen & Anderton emend the species epithet from fulicata to fulicatus since Saxicola is masculine and the -oides ending is always masculine according to ICZN Code 30.1.4.4. ICZN Code Diarsipkan 2015-09-24 di Wayback Machine.. See also David, Normand; Gosselin, Michel (2002). "The grammatical gender of avian genera". Bulletin of the British Ornithologists' Club. 122 (4): 257–282. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Linnaeus (1766). Systema Naturae i:336 (Ceylon). 
  2. ^ Baker, E C Stuart (1921). "A hand-list of genera and species of birds of the Indian Empire". Jour. Bom. Nat. Hist. Soc. 27 (1): 87. 
  3. ^ George Robert Gray (1855). Catalogue of the Genera and Subgenera of Birds Contained in the British Museum. British Museum Natural History. hlm. 36.