Muisjes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Roti panggang Belanda dengan muisjes
Roti panggang Belanda dengan muisjes oranye

Muisjes (pengucapan Belanda: [ˈmœyʃəs]) adalah taburan roti tradisional Belanda.

Di Belanda, merupakan suatu kebiasaan disaat kelahiran bayi untuk menyantap muisjes di atas biskuit Belanda atau roti panggang bundar yang disebut beschuit (beschuit met muisjes)​​. Muisjes terbuat dari meises rasa adas manis dengan lapisan luar yang bergula dan berwarna. Muisjes berarti "tikus kecil" dalam bahasa Belanda.[1] Nama ini dipilih karena taburan biji adas berbentuk seperti tikus kecil, dengan batang atas biji adas menyerupai ekor. Tikus juga melambangkan kesuburan. Adas di dalam muisjes dianggap baik untuk merangsang laktasi dan diduga untuk menakut-nakuti roh-roh jahat.

Pada awal abad ke-17, orang tua dari bayi yang baru lahir membagikan beschuit dengan lapisan mentega dan muisjes ke para pengunjung bayi. Tradisi ini berlanjut sampai hari ini.[1] Beschuit dengan Muisjes diberikan kepada pengunjung bayi di rumah, dan dibawa oleh saudara yang lebih tua untuk berbagi di sekolah. Setiap supermarket di Belanda menjual kotak muisjes. "De Ruijter" saat ini satu-satunya merek yang memproduksi muisjes. Mereka telah membuatnya sejak 1860.[2]

Muisjes merah muda

Sebelum abad ke-20, pengunjung bayi yang baru lahir hanya mendapat muisjes putih, kemudian berubah menjadi campuran muisjes merah muda dan putih baik untuk anak laki-laki dan perempuan. Dengan diperkenalkannya muisjes biru, muisjes merah muda sekarang disediakan untuk bayi perempuan saja.[2]

Muisjes biru

Ketika bayi laki-laki lahir, orang tua berbagi beschuit dengan muisjes biru dan putih.

Muisjes oranye

Muisjes oranye dijual hanya satu minggu pada bulan Desember 2003, untuk menghormati kelahiran putri mahkota Catherina-Amalia. Mereka juga disantap pada tahun 1938 saat kelahiran Ratu Beatrix. Oranye adalah warna keluarga kerajaan Belanda, House of Orange-Nassau.

Muisjes lumat

Muisjes lumat (Gestampte Muisjes) - seperti namanya - muisjes dilumatkan menjadi bubuk, yang dengan mudah dapat ditaburkan ke sepotong roti atau roti panggang Belanda yang diolesi mentega.[2] Muisjes jenis ini tidak terkait dengan kelahiran anak; orang memakannya sepanjang tahun.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]