Muggins

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Muggins (dikenal juga sebagai All Fives, Five Up, telephone domino atau Doer Di) adalah permainan domino dimana pemain dapat mencetak poin setiap kali memainkan domino. Jumlah pemain bisa terdiri dari 2, 3, atau 4 orang.

Jika ada empat orang pemain, masing-masing dapat bermain secara individual atau dapat membuat dua tim dari masing-masing dua pemain. Tujuan utamanya adalah Untuk mengungguli skor lawan dengan menambahkan jumlah domino di ujung tata letak setelah setiap permainan.

Pemain mendapat skor setiap kali domino ditempatkan serta di akhir permainan. Objektifnya adalah untuk nilai ujung domino terbuka dibagi kelipatan lima. Untuk setiap kelipatan lima, pemain mendapat satu poin.

Pemain harus menarik dari boneyard jika tidak dapat menempatkan domino yang pas. Pemain harus terus menarik dari boneyard sampai dia dapat domino yang pas.

Dalam permainan dua orang, semuanya kecuali dua domino di boneyard dapat ditarik. Dalam permainan tiga atau empat orang, semua kecuali satu dari domino di boneyard dapat ditarik.

Pemain pertama yang menghabiskan semua kartu dominonya harus berteriak "domino" dan ini akan mengakhiri permainan. Jika tidak ada pemain yang bisa memainkan domino terakhirnya dan domino di boneyard sudah habis, permainan dinyatakan berakhir.

Varian[sunting | sunting sumber]

All Threes dilakukan hampir sama seperti Muggins reguler, tapi pemainnya hanya tiga orang dan poinnya dihitung setiap kelipatan tiga.

Fives and Threes dilakukan hampir sama seperti Muggins reguler dan All Threes, tapi pemainnya bisa tiga orang atau lima orang dan poin diberi skor saat kelipatan lima dan kelipatan tiga.

Primes dilakukan hampir sama seperti Muggins Fives and Threes, tetapi poinnya dihitung setiap menyentuh angka primer.