Mozilla Foundation

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Mozilla Foundation
Mozilla Foundation logo.svg
Logo Mozilla Foundation
(Lihat: maskot Mozilla)
Didirikan 15 Juli 2003
Lokasi Mountain View, California, USA
Koordinat Koordinat: 37°23′17″LU 122°04′58″BB / 37,38792°LU 122,08284°BB / 37.38792; -122.08284
Asal mula Mozilla Organization
Produk Mozilla Firefox
Mozilla Thunderbird
selengkapnya
Fokus Internet
Pendapatan 104,3 juta USD (2009)[1][2]
Anak perusahaan Mozilla Corp.
Mozilla Messaging Inc.
Situs resmi mozilla.org
MozillaCaliforniaHeadquarters.JPG
Pintu masuk ke kantor di Mountain View, saat ini pusat dari Mozilla Foundation dan Mozilla Corporation

Mozilla Foundation adalah sebuah organisasi nirlaba yang dibentuk untuk mendukung dan memimpin proyek perangkat lunak open source Mozilla. Organisasi ini mengatur dan memimpin jalannya pengembangan, mengelola infrastruktur dan mengendalikan merek dagang dan hak cipta dari proyek Mozilla. Mozilla Foundation memiliki sebuah anak perusahaan profit, yaitu Mozilla Corporation yang mengatur pengembangan perangkat lunak Mozilla, antara lain web browser Mozilla Firefox dan email client Mozilla Thunderbird. Anak perusahaan tersebut sepenuhnya dimiliki oleh Mozilla Foundation dan mengikuti prinsip nirlaba yang sama. Mozilla Foundation didirikan oleh Mozilla Organization yang berafiliasi dengan Netscape dan secara resmi diluncurkan pada tanggal 15 Juli 2003. Saat ini, organisasi ini bermarkas di kota Silicon Valley, Mountain View, California, Amerika Serikat.

Mozilla Foundation menyebut dirinya sebagai “organisasi nirlaba yang mempromosikan keterbukaan, inovasi, dan partisipasi dalam internet.” [3] Mozilla Foundation memiliki panduan berupa Mozilla Manifesto yang berisi 10 prinsip yang dipercaya Mozilla “penting bagi Internet untuk terus barmanfaat sebagai barang publik serta aspek komersial dalam kehidupan sosial.”[4][5] Manifesto tersebut saat ini telah diterjemahkan ke lebih dari 30 bahasa.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada 23 Februari 1998, Netscape membentuk Mozilla Organization untuk mengkoordinasikan pengembangan Mozilla Application Suite.[6] Ketika AOL sebagai induk Netscape secara drastis menurunkan keterlibatannya dengan Mozilla Organization, Mozilla Foundation dibentuk dan diluncurkan pada 15 Juli 2003 untuk menjamin proyek Mozilla dapat berjalan tanpa Netscape. AOL membantu dalam awal pendirian Mozilla Foundation, memindahkan hardware dan properti intelektual ke kantor organisasi, mempekerjakan tim beranggotakan tiga orang untuk tiga bulan pertama untuk membantu transisi, dan mendonasikan total 2 juta USD selama dua tahun.[7]

Pada awalnya, utang Mozilla Foundation membengkak melebihi Mozilla Organization, dengan organisasi mengambil alih pekerjaan yang sebelumnya ditangani oleh Netscape dan vendor lain teknologi Mozilla. Sebagai bagian dari langkah besar mereka untuk menarget pelanggan, Mozilla Foundation membuat kesepakatan dengan perusahaan komersial untuk menjual CD berisi software Mozilla dan untuk menyediakan dukungan telepon. Dalam kedua kesepakatan, mereka memilih leveransir yang sama dengan Netscape untuk layanan trersebut. Mozilla Foundation juga menjadi lebih tegas terhadap properti intelektual mereka, dengan kebijakan pemakaian merek dagang dan logo Mozilla. Proyek baru seperti pemasaran pun dimulai.

Dengan pembentukan Mozilla Corporation, Mozilla Foundation menyerahkan seluruh pengembangan mereka dan hal-hal yang berkaitan dengan bisnis kepada anak perusahaan baru tersebut. Mozilla Foundation saat ini fokus pada masalah kebijakan dan penguasaan properti, meskipun dengan tetap memantau proyek-proyek yang belum "diprodukkan", seperti Camino dan SeaMonkey. Mozilla Foundation memegang kepemilikan merek dagang Mozilla dan properti intelektual lainnya dengan dilisensikan kepada Mozilla Corporation. Mozilla Foundation juga mengendalikan tempat penyimpanan source code Mozilla dan memutuskan siapa saja yang berhak memeriksanya.

Anak Perusahaan[sunting | sunting sumber]

Mozilla Corporation[sunting | sunting sumber]

Pada 3 Agustus 2005, Mozilla Foundation mengumumkan pembentukan Mozilla Corporation, digambarkan sebagai anak perusahaan yang bertujuan menjalankan sasaran Mozilla Foundation sebagai induk perusahaan dan akan bertanggungjawab terhadap pemngembangan, pemasaran, dan distribusi produk-produk Mozilla."[8] Mozilla Coorp. juga menangani hal-hal terkait bisnis yang banyak menghasilkan pendapatan. Tdak seperti Mozilla Foundation, Mozilla Corporation adalah perusahaan profit dan menjadi subyek pajak, sehingga memberikan kebebasan yang lebih besar dalam hal pendapatan dan aktivitas bisnis yang dapat dijalankan. Mayoritas pendapatan didapatkan dari Google Inc., yang secara default merupakan mesin pencari dalam web browser Mozilla Firefox.

Mozilla Online[sunting | sunting sumber]

Mozilla Online Ltd. (Tionghoa: 北京谋智网络技术有限公司), alias Mozilla China, adalah sebuah anak perusahaan penuh milik Mozilla Corporation[9] yang berpusat di Beijing, China.

Pendanaan[sunting | sunting sumber]

Mozilla Foundation menerima donasi sebagai sumber pendanaan. Bersama dengan donasi awal AOL sebesar 2 juta dolar, Mitch Kapor memberi $300.000 kepada yayasan saat pertama kali diluncurkan. Yayasan Mozilla Foundation memiliki status bebas pajak dibawah IRC 501(c)(3) dalam undang-undang perpajakan Amerika Serikat, walaupun Mozilla Corporation sendiri sebagai anak perusahaan mereka adalah subyek pajak.

Pada 2006, Mozilla Foundation menerima 66,8 juta USD dari pendapatan dengan 61,5 juta USD diperoleh dari "royalti pencarian" Google.[10]

Yayasan ini memiliki kesepakatan dengan Google untuk membuat Google sebagai mesin pencari Firefox secara default, baik di halaman utama maupun dalam search bar. Sebuah catatan dalam laporan keuangan Mozilla pada tahun 2006 menyatakan, “Mozilla memiliki kontrak royalti dengan sebuah penyedia mesin pencari. Kontrak tersebut pada awalnya berakhir pada November 2006. Namun Google memeperbarui kontrak tersebut hingga November 2008 dan kembali hingga tahun 2011.”[11] Pada 20 Desember 2011, Mozilla mengumumkan bahwa kontrak tersebut sekali lagi telah diperbarui untuk paling sedikit tiga tahun terhitung hingga November 2014, dengan royalti menjadi tiga kali lipat jumlah sebelumnya, atau mendekati 300 juta USD setiap tahunnya.[12]

Dukungan terhadap ekosistem alam[sunting | sunting sumber]

Mozilla berdedikasi untuk memelihara dan mempromosikan ruang online yang sehat. Seiring dengan pengembangan versi-versi baru dari Firefox dan Thunderbird, nama-nama taman digunakan sebagai nama sandi rilis produk.[13]

Donasi[sunting | sunting sumber]

Pada 2006, berdasarkan permintaan Theo de Raadt dari OpenBSD kepada organisasi profit mengenai donasi untuk penggunaan OpenSSH dalam paket distribusi mereka, Mozilla Foundation mendonasikan $10.000 kepada Theo de Raadt dan OpenBSD untuk pengembangan OpenSSH. Walaupun target dari permintan donasi ini adalah perusahaan seperti Cisco, IBM, HP, dan Red Hat (yang menjual sistem operasi yang mengandung OpenSSH tetapi sebelumnya tidak pernah memberikan donasi untuk riset pengembangan berkelanjutan), Mozilla Foundation menyadari bahwa tanpa OpenSSH, kebanyakan hasil karya para pengembang akan menjadi tidak aman, sehingga Mozilla memberikan dana tersebut sebagai tanda terima kasih.[14]

Pada akhir 2010, Mozilla Foundation berpasangan dengan Knoxville Zoo dalam usaha untuk menaikkan kesadaran terhadap panda merah yang terancam punah. Dua ekor anak panda merah yang lahir di kebun binatang Knoxville telah secara resmi menjadi bagian dari komunitas Mozilla. Bayi panda tersebut dinamai Spark dan Ember oleh para pemilih online dan Mozilla menyiarkan video live stream 24 jam mengenai bayi-bayi panda tersebut selama beberapa bulan.[15][16][17][18]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mozilla Foundation and Subsidiary: 2009 Independent Auditors' Report and Consolidated Financial Statements" (PDF). Mozilla Foundation. 2009-12-31. Diakses 2011-1-23. 
  2. ^ "Mozilla 2009 Financial FAQ". Mozilla Foundation. 2010-11-18. Diakses 2011-1-23. 
  3. ^ "The Mozilla Foundation". Mozilla Foundation. Diakses 2011-1-23. 
  4. ^ "The Mozilla Manifesto". Mozilla Foundation. Diakses 2011-1-23. 
  5. ^ "About the Mozilla Foundation". Mozilla Foundation. Diakses 2011-1-23. 
  6. ^ "Netscape Accelerates Communicator Evolution With First Release Of Next-Generation Communicator Source Code To Developer Community Via mozilla.org". Netscape. Diakses 2011-12-06. 
  7. ^ "mozilla.org Announces Launch of the Mozilla Foundation to Lead Open Source Browser Efforts". Mozilla Foundation. Diakses 2011-12-06. 
  8. ^ "Mozilla Foundation Reorganization". Mozilla. 2005-08-03. 
  9. ^ "谋智网络是Mozilla Corp.在中国的全资子公司..."谋智网络 » 关于我们 » 职业机会
  10. ^ "2006 Independent Auditor's Report and Consolidated Financial Statements" (PDF). 
  11. ^ Mozilla Extends Lucrative Deal With Google For 3 Years
  12. ^ Mozilla and Google Sign New Agreement for Default Search in Firefox
  13. ^ "Mozilla parks". Mozilla Foundation. Diakses 2011-1-23. 
  14. ^ Peereboom, Marco (2006-04-04). "Donations Update". OpenBSD Journal. Diakses 2011-12-17. 
  15. ^ "Meet the Newest (and Cutest) Mozillians". Mozilla Foundation. Diakses 2011-1-23. 
  16. ^ "Firefox Live Blog with Knoxville Zoo". Mozilla Foundation. Diakses 2011-1-23. 
  17. ^ "@cubcaretaker on Twitter". Mozilla Foundation. Diakses 2011-1-23. 
  18. ^ "Firefox live". Mozilla Foundation. Diakses 2011-1-23. 

Catatan tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]