Monumen Laut Nasional Papahānaumokuākea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Papahānaumokuākea
Situs Warisan Dunia UNESCO
KriteriaCampuran: iii, vi, viii, ix, x
Nomor identifikasi1326
Pengukuhan2010 (ke-34)

Monumen Laut Nasional Papahānaumokuākea (atau disebut juga Papahānaumokuākea) adalah sebuah Monumen Laut yang terletak di Amerika Serikat,monumen ini terletak 140.000 mil persegi (360.000 km2) dari pantai, monumen ini terdiri dari sepuluh pulau dan atol dari Pulau Northwestern Hawaiian, yang diakui secara internasional sebagai warisan budaya dan alam yang nilai yang sebagai berikut:

"Daerah tersebut memiliki makna yang dalam kosmologi dan tradisional untuk hidup budaya Panduduk asli Hawaii sebagai lingkungan leluhur sebagai perwujudan dari konsep kekerabatan antara manusia dan alam, dan sebagai tempat di mana diyakini bahwa kehidupan berasal dan ke mana kembalinya roh setelah kematian. Dua pulau, Nihoa dan Makumanamana, ada arkeologi yang berhubungan dengan pra-Eropa, pemukiman dan penggunaan monumen ini terdiri dari pelagis dan habitat laut dalam, dengan fitur terkemuka seperti gunung laut, terumbu karang yang luas dan laguna. Tempat ini adalah salah satu daerah terbesar perlindungan laut (DPL) di dunia. "

Area dan Administrasi[sunting | sunting sumber]

Ikan yang berenang di terumbu Karang di Taman Laut Nasional Papahānaumokuākea

Sebagai Monumen Nasional ke-96 dari Amerika Serikat, tentu monumen ini melindungi banyak biota laut dan yang ada didarat.

Monumen ini memiliki luas sekitar 140.000 mil persegi (363.000 km2), Terumbu karang, atol dan laut dangkal dan laut dalam (dari 50 mil (80 km) lepas pantai) di Samudera Pasifik, lebih besar dari semua Taman Nasional di Amerika, Di Taman laut Ini berisi. sekitar 10 persen dari habitat karang tropis (yaitu 0 sampai 100 dpl) di wilayah Amerika Serikat. Hal ini membuat Taman Laut ini lebih besar dari Karang Penghalang Besar di Australia, sekitar hampir seukuran negara Jerman, dan hanya sedikit lebih kecil dari Montana.

jaraknya 132.000 mil persegi (340.000 km2) monumen ini merupakan bagian dari Northwestern Hawaiian Islands, Reservasi Ekosistem Terumbu Karang, yang ditetapkan pada tahun 2000. Monumen ini juga mencakup Midway Atoll National Wildlife Refuge (dengan luas 590,991.50 hektare (2,391.7 km2)),Northwestern Hawaiian Islands, dan Hawaii Nasional Island Wildlife Refuge adalah yang bertanggung jawab untuk sebagian besar wilayah laut monumen ini.

Pulau-pulau termasuk dalam monumen adalah bagian dari Negara Bagian Hawaii, kecuali Atol Midway, yang merupakan bagian dari Wilayah USA Minor Outlying Islands picik.

Referensi[sunting | sunting sumber]