Mikrofon Pelunas Utang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mikrofon Pelunas Utang
GenreAcara realitas
PembuatWorkpoint Entertainment
Dreamlight World Media
BerdasarkanMic On Debt Off
PengembangProgramming Indosiar
PresenterIrfan Hakim
Okky Lukman
Choky Sitohang
JuriSoimah
Pongki Barata
Titi DJ
Yuni Shara
Iis Sugianto
Hetty Koes Endang
Nia Daniati
Desy Ratnasari
Vena Melinda
Negara asalIndonesia
Produksi
Lokasi produksiStudio 2 Indosiar
Durasi120 menit
Rilis asli
JaringanIndosiar
Rilis17 April 2017
Acara terkait
Studio Impian dan Mikrofon Impian (di GTV)
Pantang Menyerah (di SCTV)

Mikrofon Pelunas Utang merupakan sebuah acara realitas televisi Indonesia yang ditayangkan di Indosiar. Acara ini merupakan adaptasi acara Thailand berjudul Mic On Debt Off (bahasa Thai: ไมค์หมดหนี้, Mic Mod Nee).[1]

Di setiap episodenya, Mikrofon Pelunas Utang menghadirkan dua peserta yang sudah melalui proses audisi. Tujuannya untuk memastikan bahwa sang peserta benar-benar mempunyai sejumlah utang yang bisa dipertanggungjawabkan. Kedua peserta diharuskan bernyanyi di depan tiga orang dewan juri yang bertugas untuk memilih satu di antara dua peserta. Satu peserta terbaik berhak memasuki babak bonus.

Format[sunting | sunting sumber]

Dua peserta yang terlilit oleh utang diberi kesempatan untuk bernyanyi bergantian di depan para juri. Setelah bernyanyi, ketiga juri harus memilih salah satu peserta yang dinilai layak untuk maju ke babak utama. Di babak tersebut, peserta terpilih harus memilih satu di antara beberapa mikrofon. Bila mikrofon yang terpilih menyala, seluruh utang yang melilit peserta terbayar lunas. Bila terjadi sebaliknya, peserta harus kembali menyanyi melawan peserta lain keesokan harinya. Peserta tersebut tetap mendapat ganjaran utang yang dicicil sebesar Rp2.000.000,00 setiap episodenya dan dapat terus berkurang hingga peserta maju sebanyak tiga kali berturut-turut dalam penampilannya.[2]

Belakangan, selain babak mikrofon untuk pemenang yang lolos oleh pilihan juri, ditambahkan pula segmen berjudul "Mic Berkah". Segmen ini persis seperti babak utama, tetapi peserta yang kalah dapat pula memilih mikrofon yang menyala untuk mendapatkan hadiah sponsor sebesar Rp5.000.000,00.

Pengisi Acara[sunting | sunting sumber]

Pembawa Acara Utama

Pembawa Acara Tamu

Penghargaan dan Nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Nominasi Keputusan
2017
Indonesian Television Awards
Program Prime Time Non-Drama Terpopuler Mikrofon Pelunas Utang Nominasi
Panasonic Gobel Awards
Program Kuis/Game Show Nominasi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ HPS, Puji Astuti. Anggie, Hernowo; Rusmitantri, Telni, ed. "Sukses Mikrofon Pelunas Utang, SCTV Tayangkan Game Show Thailand". Liputan6.com. Diakses tanggal 2018-05-15. 
  2. ^ ""Mikrofon Pelunas Hutang" Reality Show Terbaru Indosiar: Lunasi Hutang dengan Bernyanyi". Tabloidbintang.com. 2017-04-10. Diakses tanggal 2018-05-15. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]