Miguel de Icaza

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Miguel de Icaza

Miguel de Icaza (lahir pada tahun 1972) adalah seorang programmer free software dari Mexico, sangat dikenal karena mempelopori GNOME dan proyek Mono.

Miguel de Icaza lahir di Mexico City dan sekolah di National Autonomous University of Mexico (UNAM) tapi tidak sampai lulus. Dia mulai menulis free software pada tahun 1992.

Pada musim panas tahun 1997, dia diwawancarai oleh Microsoft untuk suatu pekerjaan pada tim Internet Explorer Unix (untuk bekerja pada suatu port SPARC), tapi tidak mempunyai syarat kelulusan Universitas untuk memperoleh visa kerja. Dia menyatakan pada suatu interview bahwa dia mencoba untuk meyakinkan para pewawancaranya untuk membebaskan kode IE bahkan sebelum Netscape melakukannya dengan browser mereka.

De Icaza memulai proyek GNOME pada bulan Agustus tahun yang sama, bersama Federico Mena, untuk membuat suatu lingkungan desktop yang sepenuhnya gratis dan model komponen untuk GNU/Linux dan sistem operasi Unix-like lainnya. Awalnya, De Icaza bekerja di manager file Midnight Commander, sama seperti kernel Linux. Dia juga pencipta of the spreadsheet program Gnumeric.

Pada tahun 1999, de Icaza bersama mendirikan Helix Code, suatu perusahaan software gratis berorientasi GNOME bersama Nat Friedman, dan mempekerjakan sejumlah besar GNOME hacker lainnya. Ditahun 2001, Helix Code, diubah namanya menjadi Ximian, mengumumkan proyek Mono, suatu proyek yang dipimpin oleh De Icaza, untuk mengimplementasikan platform baru Microsoft, .NET, di Linux dan platfom - platfom Unix-like. Pada Agustus 2003, Ximian dimiliki oleh Novell.

Miguel de Icaza memperoleh Free Software Foundation 1999 Free Software Award, MIT Technology Review Pembaharu Tahun 1999, dan disebut salah satu dari 100 pembaharu versi Time Magazine untuk abad baru pada September 2000.

Miguel mempunyai cameo appearances pada tahun 2001 motion pictures Antitrust and The Code.

Dia menikahi wanita Brasil Maria Laura pada tahun 2003.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Wawancara - wawancara