Miguel de Icaza

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Miguel de Icaza
Miguel de Icaza di Konferensi MySQL pada tahun 2005
Lahir23 November 1972 (umur 51)
KebangsaanMeksiko, Amerika Serikat
Tempat kerjaMicrosoft
OrganisasiGNOME
Dikenal atasProyek GNOME, inisiator Mono, dan Xamarin

Miguel de Icaza (lahir pada tahun 1972) adalah seorang pemrogram berkebangsaan Meksiko-Amerika Serikat. Ia dikenal atas proyek GNOME, Mono Framework, dan Xamarin.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Miguel de Icaza lahir di Kota Meksiko dan bersekolah di National Autonomous University of Mexico (UNAM) tetapi tidak sampai lulus. Dia mulai memprogram perangkat lunak bebas pada tahun 1992.

Pada musim panas tahun 1997, dia diwawancarai oleh Microsoft untuk suatu pekerjaan pada tim Internet Explorer Unix (untuk bekerja pada suatu port SPARC), tetapi tidak mempunyai syarat kelulusan Universitas untuk memperoleh visa kerja. Dia menyatakan pada suatu interview bahwa dia mencoba untuk meyakinkan para pewawancaranya untuk membebaskan kode IE bahkan sebelum Netscape melakukannya dengan peramban web mereka.

Aktivitas di perangkat lunak bebas[sunting | sunting sumber]

De Icaza memulai proyek GNOME pada bulan Agustus tahun yang sama, bersama Federico Mena, untuk membuat suatu lingkungan desktop yang sepenuhnya gratis dan model komponen untuk GNU/Linux dan sistem operasi Unix-like lainnya. Awalnya, De Icaza bekerja di manager berkas Midnight Commander, sama seperti kernel Linux. Dia juga pencipta program lembatang sebar Gnumeric.

Pada tahun 1999, de Icaza bersama mendirikan Helix Code, suatu perusahaan perangkat lunak gratis berorientasi GNOME bersama Nat Friedman, dan mempekerjakan sejumlah besar hacker GNOME lainnya. Pada tahun 2001, Helix Code, diubah namanya menjadi Ximian, mengumumkan proyek Mono, suatu proyek yang dipimpin oleh De Icaza, untuk mengimplementasikan platform baru Microsoft, .NET, di Linux dan platfom-platfom mirip Unix. Pada Agustus 2003, Ximian dimiliki oleh Novell.

Miguel de Icaza memperoleh Free Software Foundation 1999 Free Software Award, MIT Technology Review Pembaharu Tahun 1999, dan disebut salah satu dari 100 pembaharu versi Time Magazine untuk abad baru pada September 2000.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

de Icaza pernah menjadi kameo dalam film Antitrust and The Code.

Dia menikahi wanita Brasil Maria Laura pada tahun 2003.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]