Metil isosianat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Metil isosianat

Metil isosianat (MIC) adalah senyawa kimia yang berasal dari kelompok isosianat. Metil isosianat, H3C-N=C=O) juga digunakan sebagai salah satu bahan gas air mata. MIC bersifat reaktif dan dapat meledak bila dicampur dengan udara. Nilai ambangnya mencapai 0,02 ppm.

Dengan ledakan gas di pabrik Union Carbide di Bhopal, India, 1984, yang menyebabkan banyak air terkontaminasi dalam tank yang memuat 43 ton MIC. Sebuah reaksi kuat dimulai dan aerosol tersebar ke seluruh kota.

Metil isosianat yang tersebar bereaksi dengan air di udara dan membentuk monoetilamin yang lebih tak berbahaya. Karena mungkin fosgen digunakan dalam produksi itu, pada suhu yang cukup tinggi, yang amat mungkin, juga terbentuk hidrogen sianida (HCN). Di samping itu ada karbon dioksida, gas NOx, trimer MIC dan sejumlah senyawa lain dalam aerosol itu.

Karena pelepasan terjadi sebagian dari ketinggian yang amat sangat, gas mengandung konsentrasi lain dari senyawa lain pada ketinggian berbeda dan jark dari pabrik. Gas itu menjadi lebih berat di udara dan kemudian mendorong keluar dari markniveau tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Eckerman I. The Bhopal Saga - causes and consequences of the world's largest industrial disaster. Universities Press (India) Private Ltd, 2004. Baca lagi